Okky Asokawati, Ketua Bidang Kesehatan Partai Nasdem. (Medcom.id/Raka Lestari)
Okky Asokawati, Ketua Bidang Kesehatan Partai Nasdem. (Medcom.id/Raka Lestari)

Tips Menjaga Tubuh Tetap Fit saat Musim Penghujan

Rona kesehatan musim hujan
Raka Lestari • 07 Februari 2020 08:23
Jakarta: Memasuki musim penghujan, penting sekali untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit dan sehat. Pemilihan makanan yang dikonsumsi memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan tingkat daya tahan tubuh yang baik atau tidak.
 
Mengonsumsi makanan yang sehat sangatlah dianjurkan, terutama ketika memasuki musim pancaroba seperti saat ini. 
 
“Agar tubuh tetap fit, menurut saya harus seimbang ya antara karbohidrat, protein, dan juga lemak. Jangan lupa juga untuk selalu mengonsumsi buah-buahan setiap harinya,” ujar Okky Asokawati, Ketua Bidang Kesehatan Partai Nasdem, dalam acara Pembagian Masker dan Antiseptik, di Kantor Pusat Partai Nasdem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis, 6 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Okky juga memberikan tips dalam mengonsumsi buah-buahan. Jika selama ini banyak orang mengonsumsi buah setelah makan, menurut Okky cara tersebut kurang tepat.
 
“Buah itu seharusnya dikonsumsi sebelum makan, bukan setelah makan. Mengonsumsi buah sebelum makan bisa memberikan manfaat melancarkan buang air besar. Akan tetapi kalau sesudah makan, penyerapan serat dari buah itu tidak akan maksimal karena di usus kita sudah tertutup makanan,” ucapnya.
 
Selain buah, Okky juga menyarankan untuk minum air putih yang cukup setiap harinya agar tubuh tetap fit dan sehat. “Air putih juga harus, saya selalu bawa tumblr kemana-mana. Paling tidak dalam sehari itu saya biasanya minum dua botol besar air mineral. Air putih harus teratur,” tambahnya.
 
“Kemudian pada saat-saat seperti sekarang ini, lebih bagus masak dengan temperatur yang bisa membunuh bakteri-bakteri. Apalagi kita tidak tahu, apakah daya tahan tubuh kita sedang sehat atau tidak,” ujar Okky.
 
“Hindari masak atau mengonsumsi makanan yang tidak dimasak dengan baik karena khawatir jika daya tahan tubuh kita sedang drop, ketika mengonsumsi makanan yang tidak dimasak dengan baik maka bisa menimbulkan penyakit,” paparnya.
 
Okky juga menyarankan untuk mengurangi makanan yang pedas secara berlebihan. “Mengonsumsi makanan-makanan pedas menurut saya juga sebaiknya dikurangi karena makanan pedas itu kan kalau usus kita tidak kuat justru bisa menyebabkan masalah pencernaan,” tutup Okky.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif