Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Ini yang Harus Dilakukan jika Tersengat Tawon Vespa

Rona lebah
Raka Lestari • 03 Desember 2019 17:05
Jakarta: Tawon Endhas atau yang bernama latin Vespa Affinis ini pada umumnya tidak berbahaya jika menyengat manusia. Akan tetapi jika jumlahnya banyak, maka sengatan tawon jenis ini menjadi berbahaya.
 
Sengatan Tawon Endhas akan menimbulkan anafilaksis atau kerusakan organ dalam hitungan hari dan bisa bearkibat fatal.  Salah satu penyebab yang mungkin dapat membuat tawon ini menyengat manusia, adalah karena habitat mereka terganggu.
 
Dilansir dari Medcom.id, keganasan tawon Endhas tidak selalu berbahaya karena habitatnya yang terganggu. Pakar Kedokteran Hewan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Hari Nugroho angkat bicara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Memang tidak harus mengganggu secara kasat mata dilempar atau lainnya. Tawon bisa menyerang meskipun (manusia) hanya lewat," ujar Hari.
 
Dengan itu, baiknya mempelajari bagaimana mencegah Tawon Endhas, agar tak menyengat manusia. Berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti berikut ini:
-Beri tanda atau imbauan di sekitar sarang tawon Vespa affinis agar warga sekitar dapat mengetahui keberadaan sarang tersebut.
-Segera laporkan keberadaan sarang tawon ke pemadam kebakaran.
-Apabila mengalami sengatan tawon, segera berobat ke puskesmas atau rumah sakit dan lakukan pengobatan sesuai dengan saran dari dokter.
-Jangan mengganggu keberadaan sarang tawon.
-Jangan mencoba memindahkan atau memusnahkan sarang tawon berukuran besar tanpa memiliki keahlian khusus.
-Jangan beraktivitas di dekat sarang tawon.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif