Dr. Muhammad Yusuf. SpOG (K).Onk selaku dokter yang turut menangani covid-19 pun menyayangkan sikap Indira. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Dr. Muhammad Yusuf. SpOG (K).Onk selaku dokter yang turut menangani covid-19 pun menyayangkan sikap Indira. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Dr. Yusuf Sayangkan YouTuber yang Gunakan Covid-19 sebagai Candaan

Rona Virus Korona YouTuber virus corona covid-19 dr. Yusuf SpOG Indira Kalistha Gritte Agatha celebgram content creator
Sunnaholomi Halakrispen • 17 Mei 2020 19:07
Jakarta: YouTuber, Influencer, ataupun Celebgram, memiliki banyak pengikut (followers atau subscribers) di media sosial mereka masing-masing. Pernyataan yang disebarkan pun akan diserap oleh para pengikut. Namun, jika asal berpendapat soal kasus covid-19, berisiko buruk.  
 
Salah satunya, apa yang terjadi pada YouTuber Indira Kalistha akhir-akhir ini. Ia sempat diundang sebagai bintang tamu di kanal YouTube Gritte Agatha dan menyampaikan pandangannya tentang penyesuaian diri pada kasus covid-19.
 
Bahkan, ia menyatakan bahwa di tengah pandemi covid-19 kali ini, ketika dirinya pergi ke pasar, mal, atau memesan makanan dari ojek online, ia tidak mencuci tangan terlebih dahulu. Melainkan, langsung saja menyantap hidangan makanan tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meskipun pengikutnya merasa biasa saja dengan statement tersebut, namun warganet lainnya mengecam tidak setuju dengan pernyataan YouTuber yang terkenal dengan ciri khas ceplas-ceplosnya itu. Dr. Muhammad Yusuf. SpOG (K). Onk selaku dokter yang turut menangani covid-19 pun menyayangkan sikap Indira.
 
"Keberatan saya terhadap Influencer yang baru ini, ini kan anak kecil, followernya adalah ABG (anak baru gede). Ini akan diserap oleh anak-anak yang bisa kita bilang masih labil, belum bisa menyaring informasi valid," ujar dr. Yusuf kepada Medcom.id, Minggu, 17 Mei 2020.
 
Melirik kasus covid-19 yang terjadi hingga imbauan oleh pemerintah kepada masyarakat Indonesia, dr. Yusuf menekankan pentingnya memerhatikan kesehatan dengan di rumah saja. Begitu juga dengan menjaga kebersihan diri. 
 
"Ditambah situasi yang mereka alami untuk tinggal belajar di rumah. Tidak bisa pergi ke mana-mana, ditambah dengan informasi yang didapat oleh junjungan (YouTuber panutan) mereka. Jadi apa yang terjadi?" tuturnya.
 
"Kalau masalah korona berbahaya pasti mereka tahulah. Tapi ini masalah bagaimana menyajikan ini sebagai candaan, olok-olokan, tapi tidak memikirkan impactnya," tandasnya.
 
Dr. Yusuf berpikiran bahwa apa yang telah dilakukan YouTuber tersebut hanya untuk menarik perhatian masyarakat yang tanpa mempedulikan para tenaga medis, rumah sakit, serta pemerintah yang hingga kini masih berjuang menangani penyebaran covid-19.
 
Sehari sebelumnya, yaitu Sabtu, 16 Mei 2020 lalu baik Indira Kalistha dan Gritte Agatha meminta maaf di laman media sosial mereka. 
 
Dalam Instagram milik Indira yaitu @indirakalistha tampak ia memasang layar hitam disertakan caption "Saya Indira Kalistha, meminta Maaf untuk semua," tulisnya.
 
Dan di waktu yang sama, 16 Mei 2020 melalui channel YouTube Gritte Agatha, ia juga mengutarakan permintaan maaf kepada semua. 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif