Spriulina juga bisa disimpan dan dibuat menjadi bubuk yang kemudian ditambahkan ke minuman atau makanan. (Foto Ilustrasi: Ist)
Spriulina juga bisa disimpan dan dibuat menjadi bubuk yang kemudian ditambahkan ke minuman atau makanan. (Foto Ilustrasi: Ist)

Mengenal Spirulina dan Manfaatnya

Rona tips kesehatan
Dhaifurrakhman Abas • 05 Mei 2019 13:48
Spirulina akhir-akhir ini mulai banyak dikenal publik. Sebab bakteri ini dianggap memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan.
 
Jakarta: Spirulina adalah mikroalga biru-hijau yang biasanya tumbuh di danau air tawar, mata air alami, dan air asin di iklim subtropis dan tropis. Spirulina merupakan jenis ganggang yang memiliki fungsi untuk mencegah tubuh dari serangan penyakit.
 
Carolyn Brown, RD, ahli gizi di Foodtrainers di New York mengatakan spirulina mampu memperkuat otot, tulang, dan jantung. Hal ini karena spirulina mengandung vitamin B12, klorofil, zat besi, dan protein tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun menurut Brown, spirulina kerap dikonsumsi dengan berbagai cara. Spirulina biasanya dikeringkan dan dihancurkan dan dikombinasikan dengan superfood.
 
Spriulina juga bisa disimpan dan dibuat menjadi bubuk yang kemudian ditambahkan ke minuman atau makanan. Hal ini mempermudah tubuh mendapatkan protein dari spirulina.
 
"Selain itu juga sering dikonsumsi dalam bentuk kapsul sebagai suplemen," ujar Brown.
 
Nathalie Rhone, RD, ahli nutrisi di Nutrition juga mengumbar manfaat spirulina. Dia bilang, bakteri itu mengandung asam lemak bermanfaat seperti DHA dan GLA yang memiliki tingkat antioksidan tinggi.
 
"Kandungan ini dapat membantu melindungi tubuh terhadap kerusakan oksidatif," kata Rhone, seperti dilansir dari Health.
 
Rhone menambahkan, spirulina juga kerap dikonsumsi dengan mencampurkannya ke dalam jus atau smoothie. Ini membuat spirulina semakin baik dikonsumsi untuk tubuh.
 
"Semuanya penting untuk energi kita. Magnesium juga membantu menurunkan tingkat stres,” ungkap dia.
 
Meski begitu, dia menyarankan agar spirulina dicampurkan ke dalam jus yang memiliki rasa kuat. Ini tak ayal untuk meningkatkan rasa semakin nikmat.
 
“Jika menambahkan spirulina ke dalam smoothie, pastikan untuk memasukkan banyak buah atau rempah-rempah beraroma seperti mint untuk mengimbangi rasanya yang kuat,” ujarnya.
 
Sementara itu, spirulina di Indonesia merupakan komoditas yang digunakan untuk meningkatkan kebutuhan protein dan menyukseskan program ketahanan pangan masyarakat. Khususnya untuk mereka yang hidup di pulau terluar.
 
Misalnya saja tim dari Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PKSPL) IPB yang bekerjasama dengan Departemen Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB. Mereka melakukan penelitian tentang diversifikasi produk pangan biskuit yang berbasis sumber karbohidrat lokal (sagu), konsentrat protein ikan dan Spirulina.
 
Lawan Faktor U, Tetap Sehat dan Produktif

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif