Konsumsi Sayur dan Buah Turunkan Risiko Gejala Asma Hingga 30 Persen

Sri Yanti Nainggolan 13 Juli 2018 11:50 WIB
kesehatanasma
Konsumsi Sayur dan Buah Turunkan Risiko Gejala Asma Hingga 30 Persen
Pentingnya diet yang sehat dalam mengelola asma. (Foto: Jo Sonn/Unsplash.com)
Jakarta: Buah dan sayur, memberi banyak manfaat bagi tubuh termasuk penderita asma. Sebuah studi menemukan bahwa tipikal makanan sehat tersebut dapat menurunkan gejala asma seperti kesulitan bernapas, nyeri dada, dan batuk-batuk. 

Sementara itu, tinggi asupan garam, daging, dan gula dapat memperparah gejala gangguan pernapasan tersebut. 

"Pola makan sehat cenderung tinggi asupan buah, sayuran, dan serat. Makanan tersebut memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi, serta elemen lain yang menurunkan gejala (asma)," ujar pemimpin peneliti Roland Andrianasolo, dari Universitas Paris 13 di Perancis.


Hasil penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa pria dan wanita penderita asma yang menjalani pola makan sehat cenderung lebih bisa mengontrol gejala gangguan tersebut, dengan persentase 60 persen dan 27 persen. 

(Baca juga: Tinggal Bersama Penderita Asma? Ingat Hal-Hal Ini)


(Buah dan sayur, memberi banyak manfaat bagi tubuh termasuk penderita asma. Sebuah studi menemukan bahwa tipikal makanan sehat tersebut dapat menurunkan gejala asma seperti kesulitan bernapas, nyeri dada, dan batuk-batuk. Foto: Jessica Lewis/Unsplash.com)

Penelitian yang dipublikasikan di European Respiratory Journal tersebut menganalisis data dari 34.776 orang dewasa.

Secara keseluruhan, pria yang mengonsumsi makanan yang lebih sehat menunjukkan 30 persen lebih rendah kemungkinan mengalami gejala asma, sementara pada wanita dengan diet sehat, kemungkinan mengalami gejala adalah 20 persen lebih rendah.

Studi tersebut menambah bukti pentingnya diet yang sehat dalam mengelola asma dan kemungkinan perannya dalam membantu mencegah timbulnya asma pada orang dewasa.

"Profesional bidang kesehatan harus menemukan waktu untuk mendiskusikan pola makan dengan pasien mereka, karena penelitian ini menunjukkan bahwa hal itu dapat memainkan peran penting dalam mencegah asma," para peneliti mencatat.





(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360