NEWSTICKER
Satu penelitian menemukan bahwa orang dengan penyakit gusi yang makan jeruk selama 2 minggu mendapati gusi mereka tidak banyak berdarah.(Ilustrasi/Pexels)
Satu penelitian menemukan bahwa orang dengan penyakit gusi yang makan jeruk selama 2 minggu mendapati gusi mereka tidak banyak berdarah.(Ilustrasi/Pexels)

Tanda-tanda Anda Kurang Vitamin C

Rona vitamin c
Timi Trieska Dara • 26 Februari 2020 10:58
Jakarta: Vitamin C adalah salah satu antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas. Jika Anda makan makanan seimbang, cukup mudah untuk mendapatkan vitamin C yang cukup.
 
Kebutuhan vitamin C memang berbeda-beda bagi setiap orang. Wanita dewasa (yang tidak hamil atau menyusui) membutuhkan 75 miligram vitamin C per hari; pria, 90 miligram. Hanya 1/2 cangkir paprika merah mentah atau 3/4 cangkir jus jeruk dapat memenuhinya, sementara 1/2 cangkir brokoli yang dimasak membuat Anda setidaknya berada di tengah jalan.
 
Tubuh Anda tidak membuat atau menyimpan vitamin C, jadi Anda harus memakannya setiap hari.

Siapa yang tidak cukup vitamin C?

Mereka yang diet buruk secara keseluruhan, penyakit ginjal yang mendapat cuci darah, peminum berat, dan perokok. Anda akan membutuhkan tambahan 35 miligram vitamin C per hari untuk membantu memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas yang terbentuk ketika Anda merokok. Jika Anda termasuk di antara 7 persen orang Amerika yang tidak mendapatkan cukup vitamin C, Anda akan melihat gejalanya dalam 3 bulan.

Penyembuhan Luka Lambat

Ketika Anda terluka, kadar vitamin C dalam darah dan jaringan Anda turun. Tubuh Anda membutuhkannya untuk membuat kolagen, protein yang berperan dalam setiap tahap perbaikan kulit. Dan vitamin C membantu neutrofil, sejenis sel darah putih yang melawan infeksi, bekerja dengan baik.

Gusi Berdarah, Mimisan, Memar

Vitamin C menjaga pembuluh darah Anda sehat, dan itu membantu pembekuan darah Anda. Kolagen juga penting untuk kesehatan gigi dan gusi. Satu penelitian menemukan bahwa orang dengan penyakit gusi yang makan jeruk selama 2 minggu mendapati gusi mereka tidak banyak berdarah.

Pertambahan Berat badan

Penelitian awal telah menemukan hubungan antara kadar vitamin C yang rendah dan jumlah lemak tubuh yang lebih tinggi, terutama lemak perut. Vitamin ini juga dapat berperan dalam seberapa baik tubuh Anda membakar lemak untuk energi.

Kulit Kering, Keriput

Orang yang makan makanan sehat dengan banyak vitamin C mungkin memiliki kulit yang lebih halus dan lebih lembut. Salah satu alasan yang mungkin: Karena vitamin C adalah antioksidan, ia dapat membantu melindungi kulit Anda dari radikal bebas. Ini memecah minyak, protein, dan bahkan DNA.

Lelah dan Mudah Marah (Cranky)

Dalam sebuah penelitian yang sangat kecil, 6 dari 7 pria yang memiliki kadar vitamin C rendah mengatakan mereka merasa lelah dan mudah marah. Itu menunjukkan sebuah hubungan, meskipun hal-hal lain dapat berperan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penelitian lain dari 141 pekerja kantor menemukan bahwa vitamin C membuat mereka merasa kurang lelah dalam waktu 2 jam, terutama jika level mereka lebih rendah untuk memulai. Kemudian efeknya berlangsung selama sisa hari itu.

Sistem kekebalan yang lemah

Karena vitamin C memiliki beberapa tugas yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh Anda, seharusnya bukan hal yang mengejutkan untuk mengetahui bahwa Anda lebih cenderung sakit dan mungkin lebih sulit untuk pulih.
 
Ada beberapa bukti bahwa vitamin C dapat membantu melindungi Anda dari penyakit seperti radang paru-paru dan infeksi kandung kemih. Bahkan dapat menurunkan kemungkinan penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Kehilangan Visi (daya lihat)

Jika Anda mengalami degenerasi makula terkait usia (AMD), mungkin akan semakin buruk lebih cepat tanpa vitamin C dan antioksidan lainnya serta mineral tertentu. Mendapatkan cukup vitamin C dari makanan mungkin membantu mencegah katarak, tetapi kita perlu lebih banyak penelitian untuk memahami hubungan itu dengan lebih baik.

Kudis

Sebelum 1700-an, penyakit yang berpotensi mematikan ini dulunya menjadi masalah besar bagi para pelaut. Saat ini, penyakit ini relatif jarang tetapi mungkin jika Anda hanya mendapatkan 10 mg per hari vitamin C atau kurang.
 
Orang-orang dengan penyakit kudis juga memiliki masalah seperti gigi copot, kuku yang patah, nyeri sendi, dan tulang rapuh. Ketika Anda meningkatkan vitamin C, gejala mulai membaik dalam sehari, dan biasanya sembuh dalam 3 bulan.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif