Depresi masih menjadi salah satu penyakit yang berbahaya jika terus-menerus dibiarkan--ilustrasi--Pexels
Depresi masih menjadi salah satu penyakit yang berbahaya jika terus-menerus dibiarkan--ilustrasi--Pexels

Penanganan Masalah Depresi

Rona depresi
Sunnaholomi Halakrispen • 09 November 2019 17:04
Jakarta: Depresi masih menjadi salah satu penyakit yang berbahaya jika terus-menerus dibiarkan. Halley Cornell Mental health advocate sekaligus penulis menyatakan, kondisi orang yang menderita masalah mental ini tidaklah sederhana.
 
Dilansir dari WebMD depresi adalah hal yang melelahkan. Ada kelelahan fisik, tentu saja akan lebih buruk jika mengidap insomnia, tetapi ada juga kelelahan karena terus-menerus menghabiskan energi yang diperlukan.
 
Sebab, depresi dapat secara serius mengganggu kemampuan mengambil keputusan, konsentrasi, ingatan, dan motivasi. Maka demikian, dapat menjadi perjuangan yang berat untuk mencapai hasil yang biasanya datang lebih mudah.
 
Cornell menceritakan, dalam beberapa hari dirinya merasa seolah-olah bergerak dan berpikir di dalam mangkuk raksasa. Pada hari-hari itu, diakuinya dapat menghabiskan banyak usaha hanya dengan membujuk diri untuk maju. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia cenderung mencoba untuk menjaga tampilan luar yang menghabiskan lebih banyak energi. Ketika jumlah waktu dan upaya untuk mencapai hal-hal meningkat, ia berakhir dalam lingkaran setan dan kelelahan yang mendatangkan malapetaka pada harga dirinya.
 
"Mengapa saya tidak bisa melakukan satu hal ini! Saya mungkin berteriak keras lebih dari satu kali," akunya.
 
Setelah sejumlah kehancuran seperti itu, dia memutuskan bahwa dia perlu cara untuk meningkatkan dirinya ketika berada di ranah depresi. Di situlah ide perancah masuk. Perancah adalah struktur kebiasaan yang sederhana dan dapat diandalkan, dibangun dari waktu ke waktu, yang akan tetap terjaga sebagian besar atas kemauannya sendiri.
 
Perancah memberi Anda akses yang lebih mudah ke kebutuhan dasar, baik fisik dan emosional. Sehingga, Anda dapat memulai hari dan pekerjaan Anda di tempat yang Anda tinggalkan, alih-alih melelahkan diri berulang kali mencoba masuk ke posisi.
 
Karena kita tidak memiliki akses mudah ke pemikiran rasional kita ketika depresi mulai, Cornell menemukan catatan tentang bagaimana hidup dan pikirannya beroperasi di luar depresi sebagai salah satu jenis perancah terbaik yang bisa dia bangun. Berikut sejumlah perancah baginya.
 
1. Persediaan makanan
 
"Saya menyimpan makanan beku dan stabil di rak. Jadi saya tidak perlu memikirkan belanja, keputusan menu, dan memasak sepanjang waktu. Beberapa hari layak untuk membuat makanan segar, sehat, beberapa hari energi lebih baik dihabiskan di tempat lain," paparnya.
 
Ia menjelaskan, berarti dirinya dapat menghemat energi untuk tugas-tugas lainnya. Ini juga menjaga tugas dari tumpukan tugas yang ditakuti. Tumpukan tugas dapat dengan cepat menjadi luar biasa, dia pun menghindari menambahkannya kapan pun dia bisa.
 
2. Mengikuti jadwal tidur
 
Tidur merupakan pengaruh besar pada suasana hati dan tingkat energi saya, serta kebersihan tidur adalah salah satu hal pertama yang harus dilakukannya ketika dia sakit. Jadi dia memiliki kesepakatan jabat tangan yang keras dengan dirinya sendiri bahwa tengah malam sudah waktunya beristirahat.
 
Saat depresi, dia melakukan sesuatu yang selalu diakukan jauh lebih mudah dari pada mengubah atau membangun kebiasaan baru. Jadi, keputusan apa pun yang dapat membuat kebiasaan yang bisa dibangun ketika sehat menempatkan dirinya selangkah lebih maju untuk pemeliharaannya ketika dia enggan.
 
3. Menyimpan pujian
 
Dia menyimpan daftar pujian yang dapat dilihat kembali ketika dirinya merasa down. Walaupun mungkin tidak dapat meyakinkan diri sendiri akan harga dirinya, dia akan percaya bahwa orang-orang yang mengatakan hal-hal baik ini berarti mereka peduli. 
 
4. Merekam kemajuan harian
 
Sebagian besar orang memiliki daftar tugas. Cornell mengaku memiliki daftar kemajuan yang dilakukannya. Ketika dia bangun di pagi hari, dia mencoba untuk duduk dengan kopi dan mengambil inventaris cepat dari hal-hal yang dilakukan sehari sebelumnya.
 
Diabadikannya ke dalam suatu tulisan. Hal-hal itu pun dibacanya. Tentang proyek-proyek kreatif yang dikerjakan, waktu sukarela yang dilakukan, cara dia memperlakukan diri sendiri dengan sehat, atau usaha kecil yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang lebih besar.
 
Seiring waktu, merekam banyak hal kecil sama dengan daftar hal yang lebih besar, dan kadang-kadang bahkan mampu menyelesaikannya. Ini adalah bukti bahwa dia mampu mencapai apa yang ingin dilakukan. Jenis bukti yang terkumpul yang bertentangan dengan keyakinan bahwa kita tidak pernah melakukan sesuatu yang berguna, merupakan perasaan depresi yang umum. Catatan membantu kita agar tidak melelahkan diri kita sendiri dalam pasir isap kehidupan tertentu.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif