NEWSTICKER
Kekhawatiran terus-menerus akibat hubungan yang sedang Anda jalani disebut dengan kecemasan hubungan.  (Ilustrasi/Pexels)
Kekhawatiran terus-menerus akibat hubungan yang sedang Anda jalani disebut dengan kecemasan hubungan. (Ilustrasi/Pexels)

Apakah Kecemasan dalam Hubungan Adalah Sesuatu yang Normal?

Rona psikologi
Kumara Anggita • 20 Februari 2020 10:03
Jakarta: Saat ini Anda sedang menjalin hubungan dengan orang yang amat Anda cintai. Secara garis besar, tidak ada hal yang janggal yang terjadi antara Anda dan pasangan. Namun entah mengapa rasa cemas ini tetap saja muncul.
 
Anda mungkin mendapati diri Anda terus-menerus mempertanyakan diri sendiri, pasangan Anda, dan hubungan yang sedang Anda jalani. Apakah ini pertanda bahwa dia memang orang yang tidak tepat atau sebenarnya perasaaan ini normal.
 
Berikut penjelasannya yang dilansir dari Healthline.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kekhawatiran terus-menerus akibat hubungan yang sedang Anda jalani disebut dengan kecemasan hubungan. Anda merasa khawatir, tidak aman, dan ragu pada hubungan Anda bahkan jika semuanya berjalan relatif baik.
 
"Ini adalah perasaan yang normal. "Kecemasan hubungan sangat umum," kata Astrid Robertson, seorang psikoterapis.
 
Rasa cemas ini muncul di berbagai tahap tergantung individunya masing-masing. Ada yang di awal hubungan, sebelum tahu bahwa pasangan mereka memiliki minat yang sama atau tidak. Atau, mereka mungkin tidak yakin apakah mereka menginginkan hubungan. Ada juga yang muncul saat hubungan masuk ke tahap komitmen.
 
Seiring waktu, kecemasan hubungan dapat menyebabkan
 
- Tekanan emosional
- Kurang motivasi
- Kelelahan atau kelelahan emosional
- Gangguan perut dan masalah fisik lainnya
 
Kecemasan ini mungkin bukan hasil dari apa pun dalam hubungan itu sendiri. Tetapi pada akhirnya bisa mengarah pada perilaku yang menciptakan masalah dan kesusahan untuk Anda dan pasangan.
 
Karena itu, Anda sekarang harus mengidentifikasi terlebih dahulu perasaan Anda. Apakah hal ini terjadi karena hubungannya memang tidak beres atau dari diri Anda sendiri. Selamatkan diri Anda dan hubungan Anda sebelum terlambat.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif