Peneliti mengklasifikasikan dua tipe kepribadian kerja yang berbeda ini berdasarkan preferensi individu untuk batasan ideal antara rumah dan pekerjaan. (Ilustrasi/Pexels)
Peneliti mengklasifikasikan dua tipe kepribadian kerja yang berbeda ini berdasarkan preferensi individu untuk batasan ideal antara rumah dan pekerjaan. (Ilustrasi/Pexels)

Dua Jenis Kepribadian Bekerja dari Rumah, Anda yang Mana?

Rona psikologi
Kumara Anggita • 11 Agustus 2020 11:02
Jakarta: Setiap orang bekerja dari rumah dengan gayanya sendiri. Ada yang fokus kerja pada jam kerja saja dan ada pula yang bisa menggabungkan kerjaannya sambil ngobrol dengan anggota keluarga sehingga kerjaan itu bisa berlangsung sepanjang hari.
 
Dikutip dari Huffpost, Peneliti mengklasifikasikan dua tipe kepribadian kerja yang berbeda ini berdasarkan preferensi individu untuk batasan ideal antara rumah dan pekerjaan. Mereka menyebutnya dengan  "segmenter" atau "integrator.

Perbedaan Segmenter dan Integrator

Segmenter adalah tipe-tipe orang yang punya batasan kuat antara kehidupan pribadi dan juga kerjaan. Sementara integrator tidak apa bila dalam sehari pekerjaan digabungkan dengan kegiatan pribadi seperti berkumpul dengan keluarga.
 
"Saya (integrator) mungkin akan melakukan sedikit pekerjaan dan kemudian saya akan menghabiskan beberapa waktu bersama keluarga saya atau melakukan sesuatu di sekitar rumah, lalu saya akan kembali bekerja, '”kata Laurens Steed, asisten profesor manajemen di Farmer School of Business di Miami University.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Steed, orang dengan segmenter dan integrator memiliki levelnya sendiri. Anda mungkin seorang segmenter ekstrim, integrator ekstrim, atau berada di antara keduanya.
 
“Jika Anda masih bingung apakah Anda mungkin seorang integrator atau segmenter, lacak selama satu atau dua minggu bagaimana Anda bekerja untuk mengidentifikasi pola, kata Cynthia Pong, ahli strategi karir feminis dan penulis buku. Dengan itu, Anda akan melihat kecenderungan Anda ke arah mana.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif