Berikut adalah lima cara untuk membersihkan spons. (Foto: Unsplash.com)
Berikut adalah lima cara untuk membersihkan spons. (Foto: Unsplash.com)

Cara Membersihkan Spons Cuci Piring

Rona tips rumah
Timi Trieska Dara • 13 Januari 2020 07:26
Jakarta: Spons dapur berperan besar dalam menjaga kebersihan rumah. Untuk membersihkan peralatan masak seperti panci, wajan, piring, dan mangkuk yang kita gunakan untuk makan. Jadi, hal terakhir yang harus Anda raih adalah spons dapur yang kotor.
 
Untuk menjaga spons dapur tetap bersih, pastikan untuk mensterilkan spons sekali seminggu. Berikut adalah lima cara untuk membersihkan spons dapur yang dirangkum Better Homes&Gardens:

1. Bersihkan spons dengan cuka

Jika Anda mencari disinfektan yang murah, tidak beracun, dan dapat terurai secara alami, beralihlah ke cuka. Ini dapat digunakan untuk membersihkan microwave, saluran air, keran, dan spons dapur yang kotor. 
 
Untuk membersihkan spons dapur Anda secara alami, rendam dalam cuka kekuatan penuh selama lima menit. (Tidak perlu mencairkannya.) Kemudian bilas spons dapur bersih dengan air hangat, dan biarkan kering.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Cara Membersihkan Spons Cuci Piring
(Gunakan cuka atau cairan pemutih untuk membersihkan spons di rumah setiap seminggu sekali. Dan ganti paling tidak satu bulan sekali. Foto: Pexels.com)

2. Bersihkan spons dengan pemutih

Pemutih adalah pilihan bagus lainnya untuk membersihkan spons dapur. Cairan ini membunuh virus dan jamur selain bakteri. Mulailah dengan mencampur 3/4 tutup botol pemutih dalam 1-2 liter air. Rendam spons dapur selama lima menit. Bilas dengan air hangat, dan keringkan.
 
Catatan: Pemutih dan cuka memiliki bau yang kuat. Saat membersihkan dengan pemutih, pilih ruangan yang berventilasi baik.

3. Membersihkan spons dalam microwave

Menggunakan microwave adalah cara lain yang bagus untuk membunuh bakteri dalam spons dapur. Saat menggunakan metode ini, rendam spons dapur terlebih dahulu ke dalam air karena spons kering dapat menyalakan api. 
 
Tempatkan dalam wadah yang aman untuk microwave. Microwave spons dapur basah selama lima menit. Biarkan dingin 15 menit. Keluarkan spons dapur dari microwave dan buang air berlebih.

4. Membersihkan spons dengan air mendidih

Meskipun microwave adalah pilihan yang populer untuk membersihkan spons dapur, sama mudahnya untuk mendisinfeksi spons tanpa alat rumah tangga. Cukup bersihkan spons dapur yang bau di dalam panci berisi air mendidih. Biarkan selama lima menit. Setelah dingin, buang sisa air.
 
Untuk menjaga dapur sehat, penting untuk membersihkan spons seminggu sekali. Namun, spons dapur harus diganti sebulan sekali, tergantung penggunaan. Jika spons mulai terlihat lusuh atau bau bahkan setelah didesinfeksi, saatnya untuk spons dapur baru.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif