Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Ini 7 Prinsip Pemberdayaan Perempuan yang Telah Terlaksana

Rona kesetaraan gender
Kumara Anggita • 09 Desember 2019 14:07
Jakarta: Memberdayakan perempuan bisa memperbaiki banyak aspek kehidupan misalnya secara spesifik di bidang ekonomi. Namun sayang dalam prosesnya, masih banyak perempuan yang menghadapi hambatan yang memperlambat pergerakan ini.
 
Untuk terus membedayakan perempuan, United Nations Global Compact dan UN Women telah membuat tujuh prinsip pembedayaan perempuan. Menurut data dari United Nations Global Compact dan UN Women, lebih dari 1.900 pengusaha di dunia telah menunjukkan kepemimpinan mereka di bidang kesetaraan gender melalui Women's Empowerment Principles (WEPs).
 
Secara spesifik hasil dari penerapan prinsip pemberdayaan perempuan sudah terlihat. Berikut hasil dari penerapan tersebut:
1. Membentuk kepemimpinan di tingkat atas bagi kesetaraan gender pada perusahaan. Hasil studi penerapan prinsip ini, sebanyak 84 persen perusahaan sekarang memiliki setidaknya satu perempuan pada jajaran dewan direksi dengan proporsi rata-rata 28 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


2. Memperlakukan seluruh perempuan dan laki-laki secara adil di tempat kerja. Menghormati dan mendukung hak asasi manusia dan nondiskriminasi. Hasilnya sebanyak 30 persen perusahaan memiliki kebijakan mendukung kesetaraan peluang dalam peningkatan karier.
 
3. Menjamin kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan seluruh pekerja perempuan dan laki laki. Hasilnya 53 persen perusahaan memiliki kebijakan tanpa toleransi terhadap pelecehan dan kekerasan berbasis gender.
 
4. Mendorong pendidikan, pelatihan, dan pengembangan profesi bagi perempuan. Hasilnya 28 pesen perusahaan memiliki program untuk meningkatkan jumlah perempuan dalam posisi kepemimpinan.
 
5. Menjalankan pengembangan usaha, rantai pasokan, dan praktik pemasaran yang memberdayakan perempuan. Hasilnya 22 persen perusahaan melakukan evaluasi dampak pembedaan antara perempuan dan laki-laki ketika mengembangkan produk dan atau layanan.
 
6. Mempromosikan kesetaraan melalui inisiatif komunitas dan advokasi. Hasilnya 30 persen perusahaan mengambil langkah untuk memastikan perempuan dan anak perempuan berpartisipasi penuh dan mendapatkan dampak positif dari program pengembangan komunitas atau program CSR.
 
7. Mengukur dan melaporkan kemajuan yang diperoleh dalam mencapai kesetaraan gender. Hasilnya, 38 persen mempublikasikan kebijakan dan rencana untuk mendukung kesetaraan gender.
 
Dengan terus menerapkan prinsip-prinsip ini, perubahan lain akan terus bertambah. Mari terus berdayakan perempuan.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif