Hampir setengah dari 832 peserta yang merupakan ibu baru mengalami kurangnya gairah seksual. (Foto: Pixabay/Pexels)
Hampir setengah dari 832 peserta yang merupakan ibu baru mengalami kurangnya gairah seksual. (Foto: Pixabay/Pexels)

Tips Meningkatkan Gairah Seksual setelah Melahirkan

Rona seks
Raka Lestari • 21 Agustus 2019 18:05
Jakarta: Bagi pasangan yang baru saja menjadi orang tua, menemukan waktu dan energi untuk diri sendiri memang cukup menantang. Begitu juga dengan menemukan kembali gairah seksual.
 
Terkadang beberapa pasangan merasa tidak nyaman atau malu membicarakan mengenai gairah seksual setelah melahirkan. Namun, untungnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan gairah seksual Anda secara natural.
 
Sebuah studi 2018 tentang seksualitas postpartum, yang diterbitkan dalam jurnal BMC Pregnancy Childbirth, menemukan bahwa hampir setengah dari 832 peserta yang merupakan ibu baru mengalami kurangnya gairah seksual.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebanyak 43 persen melaporkan mengalami kekeringan vagina dan 37,5 persen dikabarkan mengalami dispareunia (rasa sakit saat berhubungan seks) enam bulan setelah setelah melahirkan. Studi tersebut juga menemukan bahwa aktor-faktor seperti trauma fisik, nyeri seksual, dan menyusui dapat memengaruhi hasrat seksual Anda.
 
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara meningkatkan libido Anda setelah melahirkan, Dr Erica Steele, seorang dokter pengobatan naturopatik dan komplementer menawarkan untuk melakukan pendekatan holistik untuk mengatasinya. Steele yang juga pendiri Holistic Family Practice di Virginia Beach mengatakan ibu-ibu baru untuk tidak terburu-buru dan memberikan waktu bagi tubuh mereka untuk recovery.
 
"Terkadang, Anda memberi terlalu banyak tekanan pada diri sendiri dan tubuh Anda terlalu cepat setelah melahirkan," kata Steele kepada Romper.
 
"Seringkali Anda ingin sesuatu yang cepat, atau ingin melakukan sesuatu yang biasa dilakukan sebelum melahirkan. Padahal sebenarnya, Anda harus fokus terhadap pola pikir Anda dan membiarkan diri Anda benar-benar sembuh dan kembali normal," terangnya.
 
Dr Steele menjelaskan bahwa proses yang diperlukan untuk kembali normal setelah melahirkan, dan mendapatkan kembali gairah seksual Anda dimulai dengan pemulihan. Antara fisik dan mental Anda semuanya terhubung.
 
"Mereka yang ingin mendapatkan kembali gairah seksualnya memulai semuanya dengan memastikan mereka secara fisik sembuh, cukup istirahat, dan siap melakukan hubungan seksual," ucap Steele.
 
"Saya merekomendasikan untuk melakukan perawatan diri terlebih dulu. Jika Anda merasa lelah dan tidak merasakannya, maka Anda tidak akan menikmati seks, dan itu merupakan hal yang tidak Anda inginkan tentunya," tutup Dr Steele.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif