Melakukan hubungan seksual juga berfungsi untuk membangun ikatan yang lebih mesra antara Anda dan suami. (Foto: Georgia Maciel/Pexels)
Melakukan hubungan seksual juga berfungsi untuk membangun ikatan yang lebih mesra antara Anda dan suami. (Foto: Georgia Maciel/Pexels)

3 Manfaat Bercinta saat Trimester Pertama Kehamilan

Rona seks
Raka Lestari • 25 September 2019 18:45
Jakarta: Kehidupan seks Anda akan mengalami perubahan pada berbagai fase dalam hidup. Salah satunya adalah pada saat kehamilan.
 
Meskipun melakukan hubungan seksual bukanlah prioritas saat kehamilan, Anda perlu mengetahui bahwa melakukan hubungan seksual pada trimester pertama memiliki beberapa manfaat.
 
"Pada trimester pertama, hormon Anda bisa naik turun. Pada saat-saat tersebut, seks adalah hal terakhir yang ingin Anda lakukan. Dan beberapa saat kemudian ketika terjadi perubahan hormon, Anda mungkin memiliki peningkatn dorongan seks dan ingin melakukannya. Itulah sebabnya kehamilan bisa menjadi sesuatu yang bersifat emosional," kata Dr Geoffrey Cly, seorang dokter kandungan kepada Romper.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut ini adalah beberapa alasan untuk melakukan hubungan seksual saat kehamilan, dan waktu yang tepat untuk melakukannya:

1. Mengatasi morning sickness

Lebih dari 50 persen wanita hamil mengalami mual di pagi hari, menurut American Pregnancy Association. Berhubungan seks dapat membantu mengurangi mual di pagi hari karena tubuh Anda mungkin menjadi terbiasa dengan DNA pasangan Anda dan karenanya mengurangi penolakan tubuh Anda terhadap sel-sel itu. Dan seks baik untuk Anda dalam banyak hal, seperti membantu menurunkan tekanan darah Anda, dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Hal ini dapat bekerja untuk membuat Anda merasa lebih baik secara fisik.

2. Menjaga kedekatan Anda dengan pasangan

Melakukan hubungan seksual juga berfungsi untuk membangun ikatan yang lebih mesra antara Anda dan suami. Seks pada trimester pertama adalah penting, terutama jika Anda berada dalam suatu hubungan karena itu terus meningkatkan kedekatan dan keintiman.
 
Pasangan Anda mungkin merasa sedikit kehilangan begitu Anda hamil, karena semua fokus akan benar-benar menjadi pada Anda dan calon bayi. Sehingga melakukan hubungan seks dengan pasangan menunjukkan bahwa Anda masih menghargai mereka dan bahwa mereka masih bagian penting buat Anda.

3. Perut Anda masih belum terlalu besar

Jika Anda melakukan hubungan seksual pada trimester pertama, kemungkinan besar ukuran perut Anda pun masih belum terlalu besar. Sehingga Anda tidak merasa seperti sedang hamil.
 
Anda mungkin belum membutuhkan baju hamil, dan sebagian besar, kehidupan sehari-hari juga mungkin belum akan banyak berubah. Sedangkan ketka perut Anda mulai membesar, Anda mungkin akan merasakan perubahan di dalam diri Anda, sehingga fokus Anda lebih kepada calon bayi Anda.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif