NEWSTICKER
    Kurangi keluar rumah dengan menanam sayur, buah atau cabai di halaman rumah. (Foto: NordWood Themes/Unsplash.com)
    Kurangi keluar rumah dengan menanam sayur, buah atau cabai di halaman rumah. (Foto: NordWood Themes/Unsplash.com)

    Beberapa Jenis Sayuran yang Bisa Ditanam di Rumah

    Rona covid-19 cara bertanam di rumah
    Raka Lestari • 08 April 2020 12:02
    Jakarta: Di tengah pandemi covid-19 ini, masyarakat disarankan untuk tidak sering bepergian keluar rumah selama tidak ada keperluan yang mendesak. Dan hal ini tentu saja Anda menjadi lebih sulit untuk berbelanja kebutuhan rumah seperti sayur-sayuran. 
     
    Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena Anda pun bisa menanam sendiri sayuran favorit Anda sehingga tidak perlu ke pasar untuk membelinya.
     
    Dilansir dari Reader’s Digest, berikut ini adalah beberapa jenis sayuran yang bisa Anda tanam ketika harus melakukan self quarantine: 

    1. Buncis

    Anda tidak memerlukan lahan yang luas untuk menanam buncis di rumah. Anda bisa menanam buncis secara vertical untuk menghemat lahan. Sinar matahari penuh, penyiraman teratur, dan tanah yang cukup subur sudah bisa memberikan hasil panen yang berlimpah. Selain itu, buncis juga tidak memutuhkan banyak pupuk.

    2. Tomat 

    Ada banyak jenis tomat, mulai dari tomat ceri, tomat hijau, tomat merah, dan beberapa jenis lainnya. Tanaman tomat membutuhkan sinar matahari penuh dan tanah yang mudah kering. Untuk hasil terbaik, tanah Anda harus mengandung banyak kompos dan sedikit asam, dengan pH 6,2 hingga 6,8. Saat mulai tumbuh, berikan pupuk sesuai dengan petunjuk yang biasanya ada dalam kemasan benih tomat.

    3. Selada

    Selada merupakan pilihan yang tepat bagi para pemula. Mereka tumbuh dengan sangat cepat, membutuhkan sinar matahari yang cukup dan dapat ditanam di antara jenis tanaman buah atau sayur lainnya. Atau bisa juga menanamnya pada wadah. Selain itu, selada juga memiliki banyak jenis dan warna sehingga Anda bisa mendapatkan banyak variasi.

    4. Bawang 

    Untuk menanamnya, Anda bisa membuat lubang kecil di tanah, kemudian tanam bonggol bawang yang memiliki akar, kemudian tutup kembali dengan tanah. Dalam dua atau tiga minggu kemudian, tanaman bawang Anda sudah mulai tumbuh daunnya. 

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


    Anda bisa memanfaatkannya sebagai daun bawang, namun jika Anda ingin memanen sebagai bawang sebaiknya tunggu lebih lama sampai umbi bawang berukuran lebih besar. 

    5. Cabai

    Salah satu bumbu yang biasa dipakai sehari-hari adalah cabai. Menanam cabai tak sulit hanya butuh kesabaran Anda. Setelah biji cabai Anda masukan ke dalam pot tunggu sampai berkecambah, kira-kira empat minggu. Lakukan penyiraman dua kali sehari dan tunggu hingga ia berbuah cabai.
     
    Atau jika Anda bingung mendapatkan benihnya, saat ini sudah banyak yang menjual benih tanaman via online. Anda bisa memesannya.
     
    Beli pot dengan isian kompos dan tanah juga bisa Anda lakukan dengan online. Setelah benih dan pot datang, Anda bisa segera memulainya. 
     
    Atau jika tak sempat belilah tanaman di atas yang sudah jadi dalam pot, Anda tinggal meletakkannya di halaman rumah. Jika buahnya sudah ada, petik dan dapat dapat Anda mengolahnya sesuai kebutuhan Anda.
     
    (TIN)


    social
    FOLLOW US

    Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

    Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

    unblock notif