Cara Meningkatkan Hubungan dengan Rekan Kerja
Cara Meningkatkan Hubungan dengan Rekan Kerja (Foto: gettyimages)
Jakarta: Otak manusia dirancang untuk mencari koneksi sosial. Karenanya, bekerja bersama orang lain dalam lingkup sebuah pekerjaan membutuhkan kemampuan sebagai manusia untuk dapat memikirkan empati, intuisi, kreativitas, komunikasi dan integritas. Kemampuan tersebut juga dibutuhkan untuk mempertahankan karir.

Begitupun dengan perusahaan besar yang mulai mengakui bahwa karyawan harus diperlakukan dengan hati-hati jika perusahaan ingin mempertahankan keterlibatan staf, kesetiaan dan produktivitas.

Sebagai karyawan, juga penting untuk menjaga komunikasi dan meningkatkan hubungan dengan rekan kerja agar bisa bekerja dalam tim yang solid. Berikut adalah beberapa cara untuk memanfaatkan koneksi Anda sebaik mungkin.


1. Buka telinga
Pendengar yang baik seringkali dijadikan penghubung karena mengerti permasalahan yang dialami. Fokus pada apa yang rekan kerja katakan, jangan potong pembicaraannya sebelum ia selesai. Ini adalah cara sederhana Anda mendengarkannya sehingga dapat menunjukkan diri Anda empati.

2. Berpikir terbuka
Ketika berhubungan dengan kolaborasi atau kerjasama, cobalah untuk melampaui batas dengan memulai percakapan bersama orang-orang dari departemen lain. Anda bisa saja mendapatkan ide kreatif lewat interaksi dari berbagai tempat.

3. Komunikasikan kegunaan Anda
Pastikan orang lain, terutama koneksi baru yang potensial tahu tentang apa yang Anda lakukan. Tawarkan diri untuk membantu, menempatkan diri Anda sebagai ahli atau mentor di area yang Anda kenal baik, bicara tentang ide yang Anda miliki, memperluas dan meningkatkan efisiensi dalam bisnis Anda.

Pada akhirnya, segala hal yang terjadi dapat membentuk situasi yang positif di tempat kerja yang dapat memberikan manfaat bagi semua orang dan perusahaan.



(ELG)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id