Ilusrasi--pexels
Ilusrasi--pexels

Mengapa Anak-anak Takut Mandi?

Rona gaya ibu dan anak
Raka Lestari • 19 Oktober 2019 15:07
Jakarta: Anak-anak terkadang memiliki ketakutan terhadap banyak hal. Mereka bisa saja takut gelap, takut keramaian, atau mungkin ketakutan digendong oleh orang lain selain orang tuanya.
 
Dan ketakutan-ketakutan tersebut merupakan hal yang normal. Tetapi bagaimana jika anak-anak takut mandi? Apakah ini hal yang normal? Mengingat mandi merupakan hal yang harus dilakukan oleh mereka setiap hari.
 
Dr Dyan Hes dari Gramercy Pediatrics, di New York menjelaskan alasan mengapa anak-anak takut mandi. “Beberapa anak-anak atau bayi takut air dan tidak ada yang tahu penyebabnya. Beberapa anak-anak juga takut mandi karena mereka membenci air yang mengalir di wajah mereka saat mandi,” kata Dr Dyan seperti disitat dari romper.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tetapi dengan mengajarkan rutinitas harian di rumah, itu merupakan cara terbaik untuk mengatasi masalah di kemudian hari. Dr Hes menjelaskan sangat baik untuk memperkenalkan rutinitas harian seperti mandi sejak mereka masih bayi, sehingga mereka tidak takut air.
 
"Selain itu, biarkan juga ketika bayi ingin bermain-main air ketika bayi. Dengan begitu, mereka bisa tahu bahwa mandi bukanlah hal yang menyeramkan,” terangnya.
 
Lalu bagaimana jika mereka masih takut pada air sekalipun sudah balita? Dr hes menyarangkan untuk membeli helm kecil atau topeng sebagai pelindung yang bisa mereka gunakan ketika mandi. Dengan cara ini, orang tua bisa menyiramkan air ke kepala mereka untuk memberikan shampoo dan mereka tidak merasa takut akan mengalami mata perih terkena shampo.
 
“Saya juga menyarankan agar bayi ditempatkan di bak mandi atau bahkan kolam renang sedini mungkin agar mereka tidak takut terhadap air. Anak-anak yang takut terhadap bak mandi juga cenderung takut terhadap kolam renang. Mereka bisa tidak mau belajar berenang, dimana ini merupakan hal yang cukup serius,” ujar Dr Hes.
 
Kemudian bagaimana jika anak-anak biasanya suka mandi, namun tidba-tiba tidak menyukainya? Dr Hes menjelaskan, rasa takut yang tiba-tiba pada air bagi anak-anak adalah hal yang biasa terjadi dan memang tidak bisa dijelaskan alasannya.
 
"Kemungkinan karena adanya perkembangan baru dan pemahaman baru mengenai lingkungannya atau perubahan baru dalam rutinitas keluarga,” paparnya.
 
Jika anak Anda masih tetap takut mandi, Dr Hes menyarankan untuk mandi menggunakan spons dan keramas satu kali seminggu saja. Kemudian seiring berjalannya waktu, bisa ditingkatkan jumlahnya.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif