Sejatinya, meski Anda sedang menjalin hubungan, masih ada hak untuk pasangan memiliki ruang privasinya sendiri (Foto: Freepik)
Sejatinya, meski Anda sedang menjalin hubungan, masih ada hak untuk pasangan memiliki ruang privasinya sendiri (Foto: Freepik)

Bolehkah Memiliki Password Sosial Media Pasangan?

Rona romansa
Sunnaholomi Halakrispen • 29 Juli 2020 10:13
Jakarta: Ketika menjalin hubungan asmara dengan seseorang, mungkin apa-apa yang berkaitan dengan dia menjadi milik Anda juga. Hingga urusan media sosial pasangan pun ingin Anda ketahui. Namun, apakah Anda berhak memiliki password sosial media pasangan?
 
"Jawabannya sangat tidak disarankan. Pertama, itu kita berarti melanggar atau masuk ke ranah privasi pasangan," ujar Psikolog Klinis dan Sexuality Educator Inez Kristanti, M.Psi., Psikolog, dalam Ngobras Medcom.id.
 
"Ingat loh, walaupun kita menjalani sebuah hubungan, itu kita tetap menjadi diri kita sendiri juga," tambahnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Inez mengatakan bahwa kita memiliki ruang untuk diri kita sendiri, walaupun ada ruang yang kita bagikan untuk pasangan. Ruang yang kita bagi itu memang hal-hal yang bisa memengaruhi kelanjutan hubungan, dampak hubungan, hingga dampak di rumah tangga apabila kondisinya sudah menikah.
 
"Jadi walaupun si pasangan pernah kedapatan bohong. Solusinya, bukan megang password akun sosmed-nya (sosial media-nya). Tapi solusinya adalah untuk mengembalikan kepercayaan di dalam hubungan kalian," paparnya.
 
Bolehkah Memiliki Password Sosial Media Pasangan?
Inez Kristanti (Foto: Instagram/Inezkristanti)
 
Caranya, kata Inez, kalau tidak bisa sendiri Anda bisa ke mental health professional untuk dibantu. Sebab, sebanyak apa pun Anda memiliki password sosmed pasangan Anda, itu bukan berarti merupakan suatu jaminan.
 
"Passwordnya mau email, lima (akun sosial media), 10 (akun media sosial), itu tidak akan mengembalikan trust dalam hubungannya, malah bisa menggerus trust. Karena semakin lama kita semakin enggak percaya," jelasnya.
 
Ketika semakin Anda mengetahui banyak hal tentang pasangan Anda, maka semakin banyak pertanyaan yang muncul di benak Anda. Bahayanya, Anda berisiko semakin curiga dan tidak percaya dengan pasangan.
 
Jadi, tidak disarankan sekalipun untuk memiliki password sosial media pasangan Anda. Hal ini sangat penting untuk dibicarakan bersama pasangan agar ada kesepakatan dan kesepahaman.
 
"Mungkin di era sosmed ini, kadang aku melihatnya seperti ada banyak orang yang menormalisasi pegang akun pasangan. Jadi seperti seolah-olah itu hal yang baik-baik saja kalau dilakukan. Justru tidak. Itu bukan sesuatu yang acceptable sekali," ucapnya.
 
Apabila saat remaja Anda pernah meminta password sosial media kekasih Anda, mungkin itu karena Anda tidak memahami tentang bagaimana yang seharusnya Anda lakukan. Akan tetapi, setelah belajar memahami bahwa tindakan tersebut tidak menumbuhkan kepercayaan dalam hubungan, maka hentikan kebiasaan itu.
 
"Bisa melanggar privasinya pasangan dan itu enggak sehat dalam hubungan, tidak ada lagi privasi. Jadi kita perlu mempertahankan keintiman, tapi tetap juga menjaga individuasi kita sebagai orang masing-masing," pungkasnya.
 

(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif