Ada alasan kenapa anjing lucu Anda menjilati cakarnya sendiri. Ada parasit, luka, bahkan bisa jadi alergi makanan. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Ada alasan kenapa anjing lucu Anda menjilati cakarnya sendiri. Ada parasit, luka, bahkan bisa jadi alergi makanan. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Mengapa Anjing Menjilati Cakar Mereka?

Rona hewan peliharaan
Kumara Anggita • 03 Agustus 2020 07:00
Jakarta: Ketika Anda memelihara anjing, Anda pasti akan melihat pemandangan di mana anjing Anda sedang menjilati atau bahkan menggigit-gigit cakar kaki mereka. Ternyata ada alasan mengapa anjing melakukan hal semacam ini.
 
Christina Vercelletto melalui "Why Do Dogs Lick Their Paws?" memberikan beberapa alasan mengapa anjing menjilati cakar kaki mereka sendiri:

1. Luka

Dikutip dari RD, luka adalah alasan terbesar anjing Anda melakukan hal ini. Anjing Anda mungkin saja telah menginjak kaca atau duri, mematahkan cakar, disengat lebah, atau terbakar di aspal panas. Perhatikan baik-baik setiap kuku dan sela-sela anjing Anda. Mungkin Anda bisa mengatasinya sendiri dengan alat pertolongan pertama.

2. Parasit

Kutu, caplak, dan kudis dapat mengiritasi dan membuat gatal bagian tubuh anjing Anda. Banyak pilihan perawatan tersedia untuk menyembuhkan parasit anjing untuk mengatasi ini atau Anda bisa juga ke dokter hewan.

3. Alergi makanan

Alergi makanan adalah alasan lain yang membuat anjing Anda menjilat-jilat cakar. "Dalam kasus-kasus itu, Anda harus berbicara dengan dokter hewan tentang jenis makanan apa yang terbaik untuk anjing Anda," saran dokter hewan, RuthAnn Lobo.

4. Rasa sakit

Seekor anjing yang terus menjilati kakinya mungkin mengalami rasa sakit di area tertentu. Menurut West Suburban Humane Society di Chicago, banyak anjing yang merasakan sakit seperti di bagian punggung dan mengatasi sakit itu dengan menjilat kakinya sendiri.
 
Mungkin perlu beberapa saat untuk memahami hal ini, karena anjing, seperti banyak hewan, berusaha menyembunyikan rasa sakit mereka.

5. Masalah perilaku

Kebosanan atau kecemasan juga menjadi alasan lain. Menurut West Suburban Humane Society jangan terbuai dengan apa yang dilakukan anjing pada waktu itu karena anjing berenergi tinggi bisa saja sedang bosan pada waktu itu, dan anjing yang tampak tenang bisa cemas dalam keadaan tertentu. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika anjing Anda terus melakukan hal yang tak biasa, baiknya konsultasikan dengan dokter hewan untuk mengetahui lebih lanjut tindakan yang tepat.
 
(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif