Ilustrasi-Freepik
Ilustrasi-Freepik

4 Hewan yang Tidak Boleh Dipelihara

Rona hewan peliharaan
Kumara Anggita • 03 Agustus 2020 16:38
Jakarta: Hewan peliharaan bisa duduk di pangkuan Anda, mencium Anda, dan menunggu Anda di pintu ketika Anda tiba di rumah. Tidak sedikit orang memiliki hewan peliharaan. Bahkan, statistik menunjukkan bahwa sekitar 85 juta orang memiliki hewan peliharaan di Amerika Serikat.
 
Dikutip dari World Atlas, perkiraan menunjukkan bahwa sekitar 19,4 juta orang memiliki apa yang dapat digambarkan sebagai hewan peliharaan yang eksotis. Namun, jenis hewan apa saja yang seharusnya tidak dianggap sebagai peliharaan tetapi dimiliki orang?

1. Kucing besar

Ini hal gila, tetapi benar bahwa banyak orang memiliki harimau peliharaan daripada harimau yang sekarang hidup di alam liar. Menurut World Wildlife Fund, ada kurang dari 3.900 harimau yang sekarang hidup di alam liar di sekitar 4 persen dari rentang sejarah mereka.
 
Diperkirakan ada sekitar 5.000 harimau yang sekarang hidup di penangkaran di Amerika Serikat. Tetapi, sangat sedikit di antaranya yang benar-benar hidup di kebun binatang terakreditasi dan fasilitas hewan lainnya. Ini berarti ada harimau yang tinggal di rumah dan halaman belakang rumah orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


4 Hewan yang Tidak Boleh Dipelihara
 
Ada juga sejumlah singa di halaman belakang rumah orang. Jika Anda sangat beruntung, kucing peliharaan besar itu akan selalu baik kepada Anda.
 
Sementara itu, berdasarkan pencarian Google sederhana menunjukkan betapa mudahnya memiliki singa atau harimau sebagai hewan peliharaan bisa memberikan perubahan. Seorang lelaki di Republik Ceko dianiaya hingga mati oleh singa peliharaannya pada 2019, padahal singa itu ia simpan bersama dengan singa betina di tanah miliknya.

2. Ular

Beberapa orang suka memelihara ular yang mematikan seperti ular piton dan boa, sebagai binatang peliharaan. Tragisnya, ada banyak sering cerita tentang bagaimana ular-ular ini lolos dari kandang mereka dan membunuh orang lain.
 
Di New Brunswick, Kanada, dua saudara lelaki berusia empat tahun dan tujuh tahun dibunuh oleh seekor python batu Afrika, saat menginap. Ular itu dimiliki oleh seorang pria di apartemen di atas tempat mereka menginap.
 
4 Hewan yang Tidak Boleh Dipelihara
 
Python-nya lolos dan memasuki saluran bangunan pada dini hari. Lantaran terlalu berat, maka menghancurkan langit-langit, dan jatuh ke ruang tamu tempat kedua bocah lelaki itu menginap. Anak-anak itu dibunuh oleh ular piton, dan ditemukan tewas saat pagi hari. Maka, lebih baik meninggalkan hewan-hewan ini di alam liar.

3. Makhluk hutan Lainnya

Apakah Anda selalu menginginkan beruang peliharaan? Bagaimana dengan rubah atau bahkan landak? Hewan hutan umum ini juga hidup sebagai hewan peliharaan di rumah orang.
 
Anda bisa saja memiliki beruang sebagai hewan peliharaan di Nevada, Oklahoma, Wisconsin, Alabama, North Carolina, dan South Carolina. Hanya karena diizinkan di negara tertentu, bukan berarti itu merupakan ide yang baik.
 
4 Hewan yang Tidak Boleh Dipelihara
 
Pada 2013 di Beecher City, Illinois, seorang pria berusia 64 tahun diserang oleh beruang hitam peliharaannya, hingga menderita patah tulang pinggul, patah kaki, dan gigitan besar di lengannya. Dia beruntung masih hidup, namun justru beruang itu terbunuh.
 
Sementara itu, rubah memang lucu, tetapi mereka adalah hewan liar yang sulit dijinakkan. Mereka juga memiliki kebutuhan khusus yang sulit bagi kita manusia, yang buruk bagi rubah. Adapun landak, orang hanya bisa membayangkan betapa tidak nyamannya hewan itu sebagai hewan peliharaan ketika durinya naik.

4. Hewan dari iklim panas

Hewan eksotis seperti buaya, monyet, dan kanguru, disimpan sebagai hewan peliharaan oleh beberapa orang. Sementara buaya dikenal karena rahangnya yang ganas yang dapat membahayakan pemiliknya.
 
4 Hewan yang Tidak Boleh Dipelihara
 
Sebuah peristiwa terjadi mengenai seorang wanita di Carolina Selatan yang mencoba memelihara buaya liar, dan dapat peringatan keras oleh temannya untuk tidak melakukannya. Tragisnya, wanita itu ditarik ke dalam air dan dianiaya sampai mati oleh buaya.
 
Sedangkan monyet, mungkin terlihat seperti hewan peliharaan yang sempurna. Tetapi menurut dokter hewan Kevin Wright dari Kebun Binatang Phoenix yang berbicara kepada National Geographic, menjaga primata sebagai hewan peliharaan justru akan buruk bagi kesehatan mental hewan itu.
 
Monyet perlu berada di dekat jenis mereka sendiri untuk belajar bagaimana bergaul dengan monyet lainnya, dan untuk menjadi bahagia. Mereka juga mengembangkan kebiasaan yang merusak diri sendiri.
 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif