Terkadang butuh kesabaran bagi para ibu dalam proses penyesuaian bayi mereka saat menyusu menggunakan botol (Foto: Rawpixels)
Terkadang butuh kesabaran bagi para ibu dalam proses penyesuaian bayi mereka saat menyusu menggunakan botol (Foto: Rawpixels)

5 Langkah Melatih Bayi Menyusu Menggunakan Botol

Rona tumbuh kembang bayi
Anda Nurlaila • 21 Juli 2019 06:00
Bagi para ibu yang bekerja, biasanya harus tetap memberikan asupan ASI mereka untuk bayi. Untuk itu diperlukan penyesuaian bagi para bayi dari awalnya mengisap di puting susu ibu ke menggunakan botol.
 
Jakarta: Para ibu yang bekerja pada umumnya mendapat cuti beberapa bulan setelah kelahiran bayi. Persoalan muncul saat ibu harus kembali bekerja. Karena bayi yang biasa menyusu langsung dari payudara ibu harus menggunakan botol susu.  
 
Para ibu bekerja umumnya mulai membuat stok Air Susu Ibu Perah (ASIP) agar beberapa minggu menjelang cuti selesai. Saat ibu mulai bekerja, ASIP yang dibekukan dihangatkan lebih dulu sebelum diberikan kepada bayi menggunakan botol.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Agar ada waktu bagi bayi dan ibu beradaptasi, beberapa minggu sebelum cuti habis sebaiknya latih bayi minum dari botol. Baby Center memberi beberapa tips bagi para ibu yang akan mengajari si kecil minum ASIP dari botol:

1. Berikan bayi botol susu saat dia belum terlalu lapar

Seperti orang dewasa, bayi juga lebih gelisah dan rewel saat merasa lapar atau sering disebut hungry. Jika bayi telah menangis saat diberi susu, lebih sulit untuk membuatnya mengisap dot dan minum dari botol.

2. Oleskan ASIP di dot

Saat bayi mulai menjilati dot, dia akan mengenalinya dan mulai menghisap dari botol.

3. Lakukan beberapa percobaan temperatur ASIP

Sebelum menghangatkan susu ASIP beku atau dingin, lakukan beberapa percobaan. Buat ASIP menjadi sedikit lebih hangat atau sedikit lebih dingin untuk melihat mana yang lebih disukai bayi. Jangan menghangatkan ASIP di microwave karena susu akan panas tidak merata.

4. Berikan di waktu berbeda

Bayi akan merasa perubahan saat bunda membuatnya minum susu menggunakan botol. Jika bayi menolak susu botol dan memilih minum langsung dari payudara ibu pada malam hari, turuti keinginan bayi. Mulai kenalkan dia untuk menyusu dari botol pada siang hari. Minta orang lain untuk memberi bayi susu botol agar bayi mengenalnya saat Anda harus kembali bekerja.

5. Beri waktu

Bayi perlu menyesuaikan diri dari mengisap puting susu ibu dengan mengisap dot. Meski banyak botol susu dan dot yang didesain menyerupai bentuk payudara dan puting ibu, yang terbaik adalah menyusu langsung dari sumbernya.
 
Jika bayi kesulitan menyusu lewat botol, terus latih dan beri waktu agar si kecil dapat menyesuaikan diri. Cari tempat yang nyaman dan tenang saat bayi menyusu dari susu botol. Berikan susu sambil mendekap bayi agar ia tetap dapat merasakan kedekatan emosi meski minum ASI menggunakan botol.
 

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif