Berikut ini ada beberapa cara memberikan ASIP pada bayi. Tapi perhatikan cara memberikan dan usia bayi ya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Berikut ini ada beberapa cara memberikan ASIP pada bayi. Tapi perhatikan cara memberikan dan usia bayi ya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Alat untuk Menyalurkan ASI Selain Dot

Rona air susu ibu Cup feeder ASI Perah (ASIP)
Kumara Anggita • 13 Mei 2020 09:00
Jakarta: Saat memberikan ASI hasil pompa ASI Perahan (ASIP), para ibu biasanya menggunakan dot. Dengan alat ini, proses memberikan asi jadi mudah dan membuat bayi cepat kenyang. 
 
Namun, sesungguhnya ada alternatif lain yang bisa dipilih. Kira-kira pakai apa ya? Dr Riza Sulfianna dokter dan konselor menyusui di Orami memberikan penjelasannya. Berikut contoh media pemberian asip selain dot.

Dropper

Dropper biasanya digunakan untuk memberikan obat kepada bayi namun alat ini ternyata boleh juga digunakan untuk memberikan asip. “Mengingat asip yang diberikan lewat dropper tidak bisa banyak, pemberian ASIP dengan cara ini hanya bisa pada bayi baru lahir sampai bayi usia 2 atau 3 bulan saat kebutuhan asi bayi belum banyak,” paparnya. 

Cara pemberian ASIP dengan dropper 

- Posisikan bayi dengan setengah duduk, topang dengan lengan tangan dan pastikan kepala bayi tertopang baik. 
 
- Masukkan dropper yang berisi ASIP ke mulut bayi dibagian antara pipi dan gusi bayi atau hanya letakkan dibibir bawah bayi sehingga bayi nanti bisa mencicipi ASIP.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


- Baru tekan perlahan bagian atas dropper. 
 
- Tunggu bayi menelan seluruh ASIP yang diberi baru diberi ASIP lagi.

Spuit bersih  

Anda bisa menggunakan spuit ini dengan mengikuti langkah yang digunakan saat menggunakan dropper.
 
Dokter Riza mengingatkan bahwa pemberian ASIP dengan dropper atau spuit jika tidak hati-hati bayi rentan tersedak, sehingga sulit diberikan untuk bayi yang lebih besar karena kebutuhan ASIP sudah banyak, dan pemberiannya tidak bisa saat anak sedang sangat lapar.
 
Alat untuk Menyalurkan ASI Selain Dot
(Cup feeder. Foto: Dok. Ebay)

Cup feeder

“Pemberian ASIP dengan media ini cukup banyak dilakukan. Bisa diberikan dari bayi baru lahir sampai usia bayi enam bulan. Cupfeeder ini seperti gelas kecil biasanya dari plastik free BPA yang food grade,” jelasnya. 
 
Cara pemberian ASIP dengan media ini yaitu
- Bayi digendong dengan posisi bayi tegak setengah duduk.
 
- Letakkan ujung cupfeeder di bibir bawah bayi sambil menyentuhkan sedikit ASIP agar lidah bayi menjangkau/menyicipi ASIP.
 
- Biarkan bayi meminum sendiri ASIP dari cup sembari cup tetap dimiringkan di bibir bawah bayi. Jangan tuangkan ASIP langsung ke mulut bayi karena bayi rentan tersedak.

Softcupfeeder

Softcupfeeder bentuknya mirip dengan botol susu namun ujungnya tak seperti dot. “Ini seperti corong yang bila dipencet lehernya akan mengalirkan ASI,” ujarnya. 

Sendok

Anda bisa menggunakan sendok untuk memasukan ASI secara perlahan pada bayi. 

Gelas atau loki kecil

Gunakan gelas atau loki kecil secara perlahan juga pada bayi agar bayi tidak terdesak. 
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif