Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Pola Asuh Organik sebagai Fondasi Perkembangan Anak

Rona Pola Hidup Organik
Kumara Anggita • 03 Desember 2019 16:03
Jakarta: Saat ini para orang tua generasi milenial Indonesia gemar menerapkan gaya hidup organik. Ini termasuk penerapan pola asuh organik dan memberikan pilihan nutrisi alami bagi keluarga khususnya buat sang buah hati.
 
Salah satu negara yang bisa menjadi contoh untuk gaya hidup orgnik adalah Denmark. Negara ini memiliki jumlah konsumen organik terbesar di dunia.
 
Kemarin, sebuah diskusi mengangkat tema Healthy and Organic Parenting dibuka oleh Puteri Mahkota Denmark yang sedang berkunjung ke Indonesia. Acara tersebut merupakan rangkaian perayaan persahabatan antara Denmark dan Indonesia ke-70 tahun, yang akan jatuh pada tahun depan. Kunjungan ini juga bertujuan untuk saling bertukar pikiran dan menginspirasi ibu muda Indonesia dalam memulai gaya hidup organik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita dapat belajar banyak dari Denmark dalam menjalani kehidupan organik. Terinspirasi dari gaya hidup Denmark dan diilhami oleh nilai-nilai hidup Skandinavia, Arla Foods memperkenalkan konsep pola asuh organik yang bertujuan untuk membentuk kebiasaan yang baik dan sehat sejak dini. Termasuk di antaranya adalah dengan memperkenalkan, membantu menciptakan, dan menjaga keseimbangan pola makan, pola belajar, pola bergerak, dan pola berinteraksi di dalam dan luar ruang dalam kehidupan," jelas Tim Orting Jorgrnsen selaku Executive Vice President Arla Foods amba di Hotel Raffles Jakarta.
 
Pola Asuh Organik sebagai Fondasi Perkembangan Anak
Diskusi mengangkat tema Healthy and Organic Parenting dibuka oleh Puteri Mahkota Denmark. (Foto: Kumara/Medcom.id)
 
"Pengenalan konsep pola asuh organik ini sejalan dengan komitmen kami di Arla Foods, sebagai penghasil susu alami dan organik yang inovatif, sehat, bergizi, berkualitas tinggi, aman, dan ramah lingkungan serta kebiasaan makan yang baik bagi keluarga di Indonesia," lanjutnya.
 
Psikiater Prof. DR. dr. Tjhin Wiguna Sp.KJ(K) juga menjelaskan bahwa pola asuh yang sesuai menjadi hal yang penting dalam membangun fondasi perkembangan anak. Pola asuh organik bisa menjadi salah satu pilihannya.
 
"Dalam menghadapi tantangan pola asuh di era milenium ini, khususnya keterikatan anak dengan gawai yang bisa menjadi pisau bermata dua, orang tua milenial dituntut untuk dapat memilih pola asuh yang dirasa tepat dengan karakteristik keluarga," ujar Prof. DR. dr. Tjhin.
 
"Pola asuh organik bisa menjadi pilihan cara mendidik anak sebagai fondasi dalam tumbuh kembang anak sejak dini, karena fokus pada membangun relasi atau kedekatan, baik fisik maupun emosi antara orang tua dan anak. Kedekatan dengan anak merupakan cara ideal untuk meningkatkan rasa aman, mandiri, dan rasa empati anak," paparnya.
 
Selain itu pola asuh organik yang berfokus mengajak anak melakukan lebih banyak kegiatan fisik di luar ruangan bersama orang tua, juga dapat merangsang dan mengembangkan sistem sensori anak secara matang.
 
"Kematangan sensori anak merupakan hal yang fundamental bagi perkembangan otak baik secara fisik-motorik, kecerdasan berpikir, dan juga sosial-emosional anak," lanjutnya.
 
Dengan seperti itu, pola hidup organik pas untuk mulai dicoba. Nutrisi susu organik adalah salah satu pilihan yang dapat diberikan untuk si kecil.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif