NEWSTICKER
Perawatan kangguru memberi efek positif bagi bayi maupun orang tua. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Perawatan kangguru memberi efek positif bagi bayi maupun orang tua. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Manfaat dan Cara Perawatan Kangaroo Mother Care

Rona perkembangan anak
Anda Nurlaila • 25 Februari 2020 08:05
Jakarta: Perawatan yang melibatkan sentuhan kulit ke kulit atau dikenal dengan metode kangguru pada bayi prematur maupun bayi cukup bulan sangat penting atau yang biasa disebut dengan kangaroo mothercare. Perawatan kangguru memberi efek positif bagi bayi maupun orang tua.
 
Kontak kulit ke kulit pertama kali digunakan pada 1979 di Bogota, Kolombia yang kekurangan inkubator di bangsal neonatal. Meniru kangguru, dokter menempatkan bayi dengan popok di dada terbuka dalam posisi tegak sesering mungkin sambil diberikan ASI. 
 
Hasilnya selain mempercepat pemulihan bayi dan ibu, perawatan kangguru mengurangi ketergantungan bayi pada inkubator. Dan yang paling mencengangkan, angka kematian bayi anjlok dari 70 persen menjadi 30 persen. Perawatan kangguru harus berlangsung dari 60 menit hingga 24 jam sehari, dan dapat dilakukan oleh ayah.

Manfaat Perawatan Kanguru

Seperti disitir dari Parents, semakin banyak kontak kulit ke kulit semakin efektif manfaat yang diperoleh. Berikut adalah beberapa manfaat penting dari perawatan kangguru.

Membantu Bayi Beradaptasi

Bayi baru lahir memiliki masalah umum suhu tubuh rendah. Karena suhu tubuh sama dengan rahim, bayi akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan pascakelahiran. 

Meningkatkan Perkembangan Mental Bayi

Bayi prematur yang menerima perawatan kangguru memiliki fungsi otak lebih baik pada usia 15 tahun, sebanding dengan remaja yang saat lahir dimasukkan dalam inkubator ungkap sebuah studi Kanada. Perawatan kangguru menstabilkan detak jantung, oksigenasi, dan meningkatkan kualitas tidur, sehingga otak lebih mampu berkembang.

Mendorong Berat Badan yang Sehat

Satu tinjauan Cochrane Library menyimpulkan bahwa kontak kulit ke kulit secara dramatis meningkatkan penambahan berat badan bayi baru lahir. "Ketika bayi hangat, mereka tidak perlu menggunakan energi mereka untuk mengatur suhu tubuh mereka. Sebagai gantinya energi akan dipakai untuk tumbuh," ungkap Ludington.

Membuat Menyusui Lebih Mudah

Bayi baru lahir secara alamiah memiliki penciuman yang sensitif sehingga posisi kangguru membantu bayi mencari puting susu dan mulai menyusui. Koordinator klinis persalinan dan persalinan di Rumah Sakit Mount Sinai Katie Dunning mengatakan ibu yang mempraktekkan perawatan bayi kangguru lebih mungkin menyusui secara eksklusif 

Mendorong Detak Jantung dan Peranapasan yang Sehat

Bayi dengan gangguan pernapasan yang menjalani perawatan kangguru lega dalam waktu 48 jam tanpa respirator. Satu studi menyimpulkan bahwa detak jantung untuk bayi yang diberi perawatan kangguru lebih teratur daripada bayi yang tidak diberi perawatan ini. 

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bayi prematur memiliki sistem kekebalan tubuh buruk sehingga rentan terhadap alergi, infeksi, masalah makan. Kontak awal kulit dengan kulit secara dramatis mengurangi  masalah ini. 

Meningkatkan Pasokan ASI

Saat ibu dan bayi bersama, hormon pengatur keseimbangan laktasi seimbang sehingga ibu menghasilkan lebih banyak susu. 

Mengurangi Stres dan Nyeri Bayi

Hanya 10 menit kontak kulit ke kulit mengurangi kadar hormon stres kortisol bayi, dan meningkatkan kadar "hormon bahagia" oksitosin. Bayi akan merasa tenang dan aman. Penelitian dalam AACN Clinical Issues, menunjukkan bahwa ketika bayi prematur yang digendong dengan metode kangguru memiliki tingkat ketahanan akan nyeri yang lebih tinggi.

Membantu Bayi Tidur Lebih Baik

Stres yang berkurang membuat tidur lebih baik. Bayi prematur yang digendong dari kulit ke kulit tidur lebih nyenyak dan terbangun lebih jarang daripada ketika tidur di inkubator. 

Meningkatkan Ikatan dengan Ayah

Sejak dalam rahim bayi telah mengenali suara ayah mereka. Sehingga kontak kulit ke kulit dengan ayah menenangkan bayi dan membantu terbentuknya ikatan dengan ayah. 

Mencegah Depresi Postpartum

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa perawatan kangguru mengurangi depresi pascapersalinan. Plus, oksitosin yang dilepaskan dari perawatan kulit ke kulit mengurangi kecemasan ibu dan meningkatkan keterikatan, yang selanjutnya mengurangi risiko baby blues. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Idealnya, metode kangguru dilakukan segera setelah bayi lahir. Dua jam pertama setelah kelahiran adalah yang paling penting. Metode kangguru juga bermanfaat pada bayi prematur, bayi dengan berat badan rendah dan tidak dapat mengatur suhu tubuh mereka. 

Berikut cara memulai perawatan kanguru:

Orang tua harus duduk dengan nyaman di ruangan yang tenang dengan cahaya yang tidak terlalu terang
 
Posisikan bayi yang hanya mengenakan popok di dada telanjang selama minimal 20 menit.
 
Metode ini bisa dilakukan ayah atau ibu. Jika perawatan kangguru dilakukan saat menyusu, ayah dapat menggendong bayi dengan metode kangguru setelah ibu menyusui.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif