Media sosial membuat kita lupa dengan orang di depan kita. Apalagi dia itu pasangan kita. (Foto Ilustrasi: Pixabay/Pexels)
Media sosial membuat kita lupa dengan orang di depan kita. Apalagi dia itu pasangan kita. (Foto Ilustrasi: Pixabay/Pexels)

Cara Bijak Mengurangi Kebiasaan Pasangan Menggunakan Media Sosial

Rona romansa
Dhaifurrakhman Abas • 13 Juni 2019 12:41
Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan andai pasangan kita selalu sibuk dengan gadget atau media sosial. Salah satunya, jangan membuka pembicaraan dengan menghakimi pasangan Anda. Sebab itu merupakan satu kesalahan terbesar dalam membahas persoalan dengan pasangan Anda.
 
Jakarta: Kesal, jengkel, dan juga risih akan kita rasakan apabila melihat pasangan terlalu sibuk dengan media sosial. Apalagi sikap menjengkelkan itu ia lakukan tatkala sedang makan malam. Alih-alih tercipta suasana romantis, hanya ada keheningan yang hadir pada makan malam Anda dengan pasangan.
 
Tentu ini akan berdampak buruk pada hubungan Anda. Untuk itu, Anda bisa memulai untuk menyelamatkan hubungan Anda dengan mengatasi pasangan yang kerap sibuk dengan gawainya. Namun seberapa efektif Anda memulai membicarakan masalah ini tanpa membuat pasangan terintimidasi atau melanggar privasi mereka?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ya, itu bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Tetapi Psikolog dari India, Shweta Singh, memiliki saran tentang bagainana Anda menangani situasi tersebut secara logis.
 
Singh bilang, kasus ini merupakan masalah yang dihadapi sebagian besar pasangan milenial. Sebab, generasi ini sangat ketergantungan dengan media sosial.
 
"Terkadang, generasi ini tidak menyadari berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk media sosial. Sebagai akibatnya, kita berkompromi dengan waktu yang kita butuhkan untuk dihabiskan bersama orang yang kita cintai," kata Singh, dikutip Times of India.
 
Tidak heran hal itu membuat salah satu atau kedua belah pihak merasa tidak diinginkan dan tidak dicintai. Kehilangan dua faktor inilah yang pada akhirnya menyebabkan seseorang menjadi tidak merasa aman dalam suatu hubungan yang tengah terjalin.
 
Cara Bijak Mengurangi Kebiasaan Pasangan Menggunakan Media Sosial
 
"Selain itu, temukan faktor-faktor lain apa yang membuat Anda tidak nyaman dengan perilaku media sosial pasangan Anda. Penting untuk mengetahui alasan sebenarnya di balik ketidaknyamanan Anda," sambung dia.
 
Setelah menganalisis alasan di balik ketidaknyamanan Anda, barulah Anda dapat memutuskan bagaimana membicarakan persoalan itu tanpa melanggar privasi pasangan Anda. Menurut Singh berbicara tatap mata selalu meruapakan jalan terbaik untuk menyelesaikan masalah.
 
Namun jangan membuka pembicaraan dengan menghakimi pasangan Anda. Menurut Singh, ini merupakan satu kesalahan terbesar dalam membahas persoalan dengan pasangan Anda.
 
"Demikian pula, Anda tidak boleh memulai sesuatu dengan menuduh dia yang macam-macam atau berlagak cemburu dan posesif. Tolong jangan gunakan pernyataan seperti itu saat membahas masalah," ujar Singh.
 
Menurut dia, persoalan ini harus dibahas secara terbuka dalam ranah diskusi. Kemudian jelaskan masalah yang Anda rasakan secara logis.
 
"Katakan bagaimana ini memengaruhi waktu yang Anda berdua habiskan bersama lebih baik ketimbang hanya berkonsentrasi pada diri sendiri," lanjut Singh.
 
Namun Anda harus siap menjelaskan ketika pasangan Anda merasa dipantau atas penjelasan Anda selama ini. Jadi, menurut Singh, bersikaplah wajar dan jujur atas apa yang selama ini Anda lakukan ketika memantau pasangan Anda.
 
"Tetapi ingat, jangan menyalahgunakan kepercayaannya dan yakinkan bahwa Anda tidak melanggar privasi mereka," ungkapnya.
 
Setelah Anda dan pasangan mencapai kesepakatan bersama, Anda harus segera menetapkan beberapa aturan dasar. Misalnya seperti menetapkan batasan waktu penggunaan media sosial ketika sedang makan malam berdua dan sebagainya.
 
"Namun ya mesti diingat, aturan ini harus berlaku untuk keduanya," tandas Singh.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif