Kenapa si kecil tiba-tiba tak mau makan lagi makanan favoritnya? Simak informasinya. (Foto: Pexels.com)
Kenapa si kecil tiba-tiba tak mau makan lagi makanan favoritnya? Simak informasinya. (Foto: Pexels.com)

Si Kecil Tak Suka Lagi Makanan Kesukaannya? Ini Alasannya

Rona perkembangan anak
Raka Lestari • 11 Juli 2019 09:44
Chrissy Carroll, ahli diet terdaftar dan blogger di Dairy Free For Baby memberitahukan kepada Romper bahwa selera makan yang berubah-ubah merupakan bagian dari permainan anak-anak. Menurut Carroll hal tersebut merupakan sesuatu yang normal jika mereka mulai berhenti makan makanan yang sebelumnya sangat mereka sukai, berharap agar mereka akan diberikan makanan baru di setiap makanannya.
 
 
Jakarta:
Melihat anak Anda menyukai suatu makanan tentu akan sangat menyenangkan. Ini juga meyakinkan Anda bahwa si kecil mau makan lagi dan lagi. Tapi ada beberapa kondisi di mana anak-anak tidak menyukai suatu makanan padahal sebelumnya mereka sangat menyukai makanan tersebut. Sebagai orang tua, tentunya Anda berusaha untuk mencari tahu penyebab terjadinya kondisi tersebut. 
 
C. Keith Conners, psikolog dan penulis buku "Feeding the Brain: How Foods Affect Children," mengatakan bahwa ada alasan di balik perilaku anak Anda yang berubah-ubah terhadap suatu makanan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menuliskan pada bukunya memilih makanan adalah salah satu hal yang bisa mereka kontrol, dan jika mereka sedang berada dalam perubahan seperti memasuki sekolah baru atau sedang berkemah (ketika tidak di rumah) maka pilihan makanan mereka juga mungkin sesuatu yang bisa mereka kontrol. 
 
Si Kecil Tak Suka Lagi Makanan Kesukaannya? Ini Alasannya
(Para peneliti beranggapan bahwa penyebab Anda tidak lagi menyukai makanan yang sebelumnya mereka sukai adalah karena kesalahan orang tua. Foto: Pexels.com)
 
Chrissy Carroll, ahli diet terdaftar dan blogger di Dairy Free For Baby memberitahukan kepada Romper bahwa selera makan yang berubah-ubah merupakan bagian dari permainan anak-anak. Anak-anak tersebut mungkin sedang menipu Anda dengan memberikan mereka apa pun yang mereka inginkan. 
 
"Hal tersebut merupakan sesuatu yang normal jika mereka mulai berhenti makan makanan yang sebelumnya sangat mereka sukai, berharap agar mereka akan diberikan makanan baru di setiap makanannya," ujar Carroll. 
 
Sedangkan di sisi lain, Carroll mencatat bahwa anak yang melakukan mogok makan mungkin karena kecemasan. 
 
"Jika orang tua terus-menerus menekan anak untuk makan atau membuat waktu makan menjadi tidak menyenangkan, itu bisa menjadi sesuatu yang sulit. Dalam hal ini bukan berarti anak itu tidak menyukai makanan yang mereka sukai, tetapi berusaha untuk mengerahkan kekuatan mereka sendiri dalam memperoleh kontrol waktu makan." 
 
Penyebab lain disebutkan dalam jurnal nutrisi Appetite. Para peneliti beranggapan bahwa penyebab Anda tidak lagi menyukai makanan yang sebelumnya mereka sukai adalah karena kesalahan orang tua. 
 
Mereka menuliskan bahwa itu terjadi karena tidak bervariasinya makanan yang disajikan orang tua. Menurut studi tersebut, kurangnya variasi ini menyebabkan kenikmatan anak terhadap suatu makanan akan berkurang bahkan akan hilang sepenuhnya agar mendapatkan lebih banyak makanan lain.  
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif