Selain menunjukkan kebahagiaan, kucing juga bisa memberik kode bahwa mereka sedang tidak bahagia. (Foto: Ilustrasi-Freepik)
Selain menunjukkan kebahagiaan, kucing juga bisa memberik kode bahwa mereka sedang tidak bahagia. (Foto: Ilustrasi-Freepik)

3 Tanda Kucing Anda tak Bahagia

Rona hewan peliharaan The Conversation
Medcom • 21 Juli 2020 16:55
Jakarta: Ketika mempunyai hewan peliharaan seperti kucing, tentu terlintas tanda tanya apakah kucing yang kita pelihara bahagia atau tidak? Lalu bagaimana cara kita mengetahuinya?
 
Sebelumnya, kita harus mengetahui hal-hal apa yang disukai kucing Anda? Apakah ada kursi favorit untuk diduduki? Atau jendela favorit untuk melihat keluar?
 
Mungkin kucing Anda suka duduk di pangkuan Anda, atau bermain-main dengan mainan? Kebanyakan kucing suka tidur di tempat yang hangat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal-hal yang tampak sering dilakukan kucing Anda mungkin adalah apa yang disukainya. Selama mendapat kesempatan untuk melakukan hal-hal yang disukainya, maka kucing Anda mungkin senang. Menyediakan banyak mainan untuk dimainkan adalah cara yang bagus untuk membuat kucing Anda bahagia, terutama bagi anak kucing.
 
Misalnya, Anda bisa membuatkan mereka puzzle makanan - kucing memiliki naluri berburu alami dan suka berburu makanan. Temukan botol air kosong dan buat lubang di sekitar badan botol. Kemudian masukkan beberapa makanan kering dan tutup botolnya - karena kucing Anda dapat menggerakkan botol dan membuat makanan keluar dari botol.
 
Selain itu, kucing juga bisa menunjukkan bahwa mereka tidak bahagia, yaitu dengan tiga cara tergantung dengan kepribadian mereka.

1. Sembunyi

3 Tanda Kucing Anda tak Bahagia
Ilustrasi-Freepik
 
Kucing dengan kepribadian pertama mungkin bersembunyi di bawah tempat tidur atau di lemari, dan tidak menunjukkan minat bermain atau berinteraksi. Jika kucing juga berhenti makan dan menjaga diri, ini mungkin pertanda bahwa mereka tidak bahagia.

2. Gelisah

3 Tanda Kucing Anda tak Bahagia
Ilustrasi-Freepik
 
Kucing dengan kepribadian kedua mungkin mondar-mandir, atau mencari perhatian Anda dengan mengeong terus-menerus. Kucing-kucing ini mungkin mengikuti Anda sepanjang waktu, dan menghancurkan furnitur atau hal lainnya di rumah Anda.

3. Tak disiplin

3 Tanda Kucing Anda tak Bahagia
Ilustrasi-Freepik
 
Selain dua tipikal di atas, ada tanda lain yang menandakan bahwa kucing Anda tak bahagia. Seperti, kucing juga bisa buang air kecil sembarangan ketika mereka tidak bahagia.
 
Jika kucing Anda menunjukkan tanda-tanda ini, mungkin ada sesuatu yang sedang mengganggunya. Jika tidak makan atau membersihkan sendiri, atau ada tanda-tanda lain yang Anda khawatirkan, maka ide yang baik adalah untuk membawanya ke dokter hewan untuk melihat apakah ada yang salah.
 
Artikel ini telah tayang di laman The Conversation. Artikel dengan judul "Curious Kids: bagaimana mengetahui apakah kucing Anda bahagia dan menyukai Anda?" ini ditulis oleh Susan Hazel (Senior Lecturer, School of Animal and Veterinary Science, University of Adelaide).
 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif