NEWSTICKER
Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Bahaya Stres terhadap Libido dan Trik Mengatasinya

Rona seks hubungan pasangan
Anda Nurlaila • 20 Februari 2020 18:12
Jakarta: Kekhawatiran akan finansial hingga tenggat waktu di tempat merupakan penyebab stres yang bisa dirasakan siapa saja. Bukan saja memengaruhi kondisi fisik dan mental, lebih jauh lagi stres dapat memengaruhi kehidupan seksual.
 
Saat bereaksi terhadap stres, tubuh mengalami serangkaian perubahan untuk mempersiapkan diri untuk bertahan dan berjuang. Ketika Anda mengalami respons melawan atau lari, Anda akan mengalami peningkatan denyut jantung, tekanan darah, dan laju pernapasan. Sementara fungsi-fungsi yang tidak penting, seperti dorongan seksual berkurang.
 
Stres juga menyebabkan pelepasan hormon, seperti kortisol dan epinefrin, yang dalam kadar tinggi dapat menyebabkan penurunan gairah seks. Ketika stres kronis, perubahan kadar kortisol dapat memengaruhi hormon seks, sehingga mengurangi minat Anda pada seks.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dimuat dalam Verywell Mind, selain efek fisiologis stres memengaruhi aspek psikologis. Stres dapat menyebabkan otak terus berpikir dan mengalihkankan perhatian dari menginginkan seks atau hadir saat berhubungan seks. Ini juga dapat memengaruhi suasana hati Anda yang mengarah pada kecemasan dan depresi. Pada akhirnya dapat mengurangi libido.
 
Bahaya Stres terhadap Libido dan Trik Mengatasinya
Saat bereaksi terhadap stres, tubuh mengalami serangkaian perubahan untuk mempersiapkan diri untuk bertahan dan berjuang. (Ilustrasi Pexels)
 
Terakhir, stres yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kebiasaan tidak sehat seperti merokok, minum, dan makan berlebihan serta pilihan gaya hidup yang buruk dengan kurangnya perawatan diri dan olahraga. Hal ini dapat memengaruhi perasaan Anda tentang diri sendiri dan mengganggu kehidupan seks yang sehat.

Mengatasi Stres dan Libido Rendah

Meminimalkan stres dapat mempertahankan kehidupan seks yang baik bersama pasangan. Luangkan waktu dan tenaga untuk melakukan beberapa trik ini.
 
Manajemen Stres
Jika stres mungkin meredam libido Anda, solusi pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah manajemen stres secara keseluruhan. Gunakan teknik relaksasi yang cocok sehingga dapat membalikkan respons stres. Jika tidak Anda akan mengalami banyak gangguan hormonal akibat stres kronis.
 
Beberapa teknik manajemen stres yang perlu dipertimbangkan termasuk:
Citra terpandu
Meditasi
Relaksasi otot progresif
Latihan pernapasan
Aromaterapi
Penjurnalan
 
Konsultasi dengan spesialis untuk mengelola stres dapat membantu teknik terbaik untuk situasi Anda.
 
Cara Mengurangi Efek Stres pada Kehidupan Anda
 
-Evaluasi hubungan
Saat libido rendah, perhatikan kualitas hubungan dengan pasangan. Studi menunjukkan ketegangan hubungan dan konflik dapat menyebabkan libido rendah daripada jenis stres lainnya. Ini berlaku untuk pria dan wanita.
 
Untuk mengatasinya, pastikan komunikasi yang seimbang dalam hubungan. Cobalah untuk melihat masalah sebagai tantangan yang Anda hadapi bersama daripada menjadikan satu sama lain sebagai musuh. Temukan cara untuk mendukung kebutuhan kedua pasangan.
 
-Olahraga bersama
Berolahraga adalah cara yang bagus untuk menjaga stres dan meningkatkan harga diri Anda. Pada gilirannya dapat meningkatkan libido Anda.
 
Bahaya Stres terhadap Libido dan Trik Mengatasinya
Salah satu manfaat dari yoga adalah meraklasasi tubuh sehingga meredakan stres. (Ilustrasi Pexels)
 
Jika waktu bersama pasangan terbatas, pertimbangkan olahraga untuk menjalin kedekatan. Jogging atau jalan-jalan, atau yoga bersama dapat membantu pasangan merasa lebih terhubung.
 
-Perawatan diri pribadi
Merawat diri sendiri akan membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri. Ubah kebiasaan Anda menjadi lebih baik dalam hal makan makanan sehat, berolahraga, tidur nyenyak, berlatih teknik manajemen stres, memanjakan diri sendiri, menikmati waktu untuk refleksi diri, dan menghilangkan kebiasaan berbahaya seperti merokok dan minum. Ini dapat membangun kepercayaan diri dan merasa seksi, energik, dan lebih dari layak mendapat kasih sayang pasangan Anda.
 
-Luangkan waktu "We Time"
Banyak pasangan yang sibuk hingga kehilangan energi untuk melakukan aktivitas seksual. Luangkan waktu dan masukkan aktivitas intim bersama pasangan dan taati aturan yang kalian sepakati bersama.
 
Bahaya Stres terhadap Libido dan Trik Mengatasinya
Luangkan waktu bersama dengan pasangan guna membangun kemesraan. (Ilustrasi Pexels)
 
Mulailah menggoda di pagi hari sebagai bagian foreplay, telepon atau pesan singkat di siang hari sehingga kalian akan menantikan kencan seks saat tiba di rumah. Aromaterapi dapat membantu mengatur relaksasi dan romansa.
 
-Fokus pada Sensasi Bukan Seks
Sentuhan adalah penghilang stres yang sangat kuat tanpa perlu melakukan seks. Luangkan waktu untuk berpelukan lebih banyak, atau saling mengeksplorasi melalui pijatan yang dilakukan bergantian dengan pasangan. Ini cara yang baik untuk menunjukkan kasih sayang kepada pasangan tanpa ada tekanan tambahan dari harapan akan seks.
 
Rileksasi dan keintiman dapat meningkatkan hasrat Anda akan kedekatan dan, pada akhirnya, seks.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif