Ilustrasi--Pexels
Ilustrasi--Pexels

Kapan Memutus Hubungan dengan Keluarga 'Beracun'?

Rona keluarga gaya
Kumara Anggita • 08 November 2019 09:05
Jakarta: Putus hubungan dengan orang yang kita percaya dan cinta seperti keluarga adalah hal yang amat sulit. Kendati demikian, Anda juga harus mempertimbangkan keamanan Anda bila orang di dalamnya sudah 'beracun'.
 
Bila Anda ragu tindakan-tindakan apa yang dianggap 'beracun',  Konselor Profesional, Katherine Fabrizio memberikan kiat-kita yang bisa Anda jadikan panduan.
 
Berikut sikap-sikap destruktif yang bisa Anda pertimbangkan untuk memutusakan hubungan dengan keluarga yang dilansir dari Healthline.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mereka tidak menghormati batasan atau batasan Anda
 
Jika Anda tidak yakin memutuskan hubungan adalah keputusan yang tepat, Fabrizio menyarankan terlebih dahulu menyatakan kebutuhan Anda dan memberi anggota keluarga Anda kesempatan untuk menunjukkan bahwa mereka dapat menghormati batasan yang Anda ungkapkan.
 
Jika mereka masih tidak bisa melakukan ini setelah beberapa kali mencoba, hal-hal yang sepertinya tidak akan berubah dalam waktu dekat. Memutus kontak mungkin merupakan langkah paling sehat dalam kasus itu.
 
Mereka melukai Anda secara fisik atau verbal
 
Secara umum paling aman untuk menjauhkan diri dari anggota keluarga yang menyebabkan Anda terluka secara fisik. Jika Anda harus melihat mereka, cobalah untuk selalu bertemu mereka di depan umum atau ada orang yang menemani Anda.
 
Pelecehan verbal bisa lebih sulit untuk dikenali, tetapi beberapa contoh termasuk:
- Menghina
- Mempermalukan tubuh Anda
- Kritik terhadap pilihan hidup Anda
- Penuh prasangka
- Konsisten berbohong dan memanipulasi Anda
 
Jika mereka menunjukkan perilaku ini dan itu terus berlanjut, memotong kontak mungkin satu-satunya cara untuk menjauhkan diri dari itu.
 
Berbicara dengan mereka atau melihatnya menyebabkan tekanan emosional
 
Ketika Anda tidak merasa senang melihat keluarga Anda, atau ketika berhubungan dengan mereka membuat emosi negatif Anda keluar. Mungkin sudah saatnya untuk mempertimbangkan apakah istirahat dari mereka dapat membantu memperbaiki situasi.
 
Jika Anda memiliki pemikiran seperti Mengapa saya menempatkan diri saya di posisi ini? atau Apakah saya harus melihat mereka? ingat bahwa Anda tidak harus melihatnya atau melakukan apa pun yang tidak ingin Anda lakukan.
 
Memotong kontak juga tidak harus merupakan keputusan permanen. Anda mungkin hanya perlu beberapa waktu.
 
“Yang terpenting, ingat Anda memiliki pilihan ketika berhubungan dengan seseorang yang beracun,” kata Fabrizio.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif