Selalu ada jalan dalam menyelesaikan konflik Anda dalam suasana covid-19 ini. (Foto: Pexels.com)
Selalu ada jalan dalam menyelesaikan konflik Anda dalam suasana covid-19 ini. (Foto: Pexels.com)

Cara Menghindari Keretakan Hubungan dalam Masa Karantina Covid-19

Rona romansa keluarga psikologi covid-19
Kumara Anggita • 10 April 2020 12:25
Jakarta: Karantina covid-19 adalah hal yang tidak mudah karena setiap orangnya menerima tekanannya masing-masing. Ditambah lagi, dalam menghadapi tekanan tersebut, Anda dan pasangan diharuskan untuk bersama 24 jam selama 7 hari seminggu.
 
Hal ini mendorong konflik timbul ke permukaan. Bila Anda tidak menyadarinya dan tak mengatasinya maka hubungan Anda bisa retak atau timbuk konflik.
 
Untuk menghindari keretakan itu, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan dengan pasangan Anda. Dilansir dari Psychology Today, berikut ini cara menghindari keretakan hubungan dalam masa karantina covid-19.

1. Pilih-pilih pertempuran Anda

Pastikan Anda tidak bereaksi terhadap semua hal yang menganggu yang dilakukan pasangan Anda. Jika pasangan Anda murung, ingat itu mungkin bukan tentang Anda. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikan dia kelonggaran ekstra. Namun, ketika Anda memang harus memilih pertempuran penting, gunakan pernyataan "Saya merasa..." dan "Saya perlu" daripada menggunakan pernyataan yang menuduh seperti "Anda melakukan..."

2. Jangan keluarkan masalah hubungan

Tetapkan batas (mialnya 20 menit sehari sekali) untuk membahas masalah yang sulit. Dan ketika sudah berakhir, kesampingkan permasalahan tersebut. 
 
Mungkin ada baiknya Anda merencanakan "waktu konflik atau waktu untuk merasa khawatir” dalam jadwal Anda. Selain itu, terapkan aturan bahwa Anda berdua dapat membatalkan waktu tersebut jika suasana terlalu panas dan Anda akan melanjutkannya lagi nanti.

3. Meluangkan waktu sendirian

Jika Anda memiliki waktu nyaman di kamar, jangan lupa pula buat waktu untuk diri sendiri di kamar yang berbeda. Jika Anda tidak memiliki ruang terpisah, gunakan headphone untuk membuat batas buatan.
 
Cara Menghindari Keretakan Hubungan dalam Masa Karantina Covid-19
(Selalu ada jalan dalam menyelesaikan konflik Anda dalam suasana covid-19 ini. Foto: Pexels.com)

4. Olahraga

Anda dapat berolahraga di kelas online, berlatih (atau memulai) yoga, atau berjalan-jalan di luar. Ada banyak sumber daya online (beberapa di antaranya gratis).

5. Temukan hobi

Hal yang sudah Anda tunda karena terlalu sibuk bisa Anda mulai kerjakan sekarang. Misalnya sebelumnya Anda ingin belajar menari maka ini adalah cara yang menyenangkan untuk membangun keterampilan tersebut. 

6. Lepaskan piyama dan penuhi hari Anda dengan kegiatan

Bangun, mandi, dan pakai baju. Buat jadwal harian (pada jam itu) yang mencakup menyelesaikan tugas, mengerjakan proyek atau keterampilan, meditasi, dan berjalan di luar. 
 
Hubungkan diri Anda dengan orang lain melalui FaceTime. Misalnya, Anda bisa jadwalkan makan malam dengan teman dan keluarga Anda melalui FaceTime atau Zoom atau host game night dengan memainkan game virtual. Jadi, pasangan Anda bukanlah satu-satunya orang yang berinteraksi dengan Anda.

7. Fokus pada bertahan hidup saat ini

Mengenai konflik seputar masalah keuangan, cobalah untuk memusatkan perhatian Anda pada cara-cara untuk bertahan hidup selama sisa krisis. Usahakan untuk tidak terlalu melihat ke depan karena tidak ada yang dapat diprediksi. 

8. Minta bantuan psikolog

Dan terakhir, jika Anda dan pasangan membutuhkan lebih banyak bantuan, beralihlah ke psikolog yang menawarkan sesi individu dan pasangan melalui internet. 
 
Memiliki terapis yang bisa diajak bicara tentang beberapa tantangan yang timbul sangat bisa membantu Anda dan pasangan melwati masa-masa sulit ini. 

 
(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif