Ilustrasi-Freepik
Ilustrasi-Freepik

3 Hal yang Perlu Dipersiapkan ketika Anak Kembali Bersekolah

Rona sekolah tumbuh kembang anak
Raka Lestari • 10 September 2020 06:15
Jakarta: Pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, hampir sebagian besar sekolah mengharuskan siswa-siswanya untuk belajar dari rumah. Akan tetapi, hal ini tentunya tidak akan bertahan selamanya.
 
Kelak, di masa mendatang, anak-anak tentunya akan kembali bersekolah seperti biasa. Sebagai orang tua, penting untuk menyediakan perlengkapan agar jika harus kembali bersekolah anak-anak bisa tetap aman.
 
Untuk membuat anak tetap aman, berikut ini adalah beberapa perlengkapan yang perlu dipersiapkan orang tua jika anak kembali bersekolah:

1. Persediaan masker yang berkualitas baik

Dr Thomas Russo, seorang profesor di University of Buffalo yang juga spesialis di bidang penyakit menular menjelaskan bahwa, masker memiliki peran yang signifikan saat pandemi. Teruntuk anak-anak yang merupakan salah satu kelompok rentan terinfeksi Covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Menurut saya, hal yang perlu diperhatikan adalah dengan memiliki persediaan masker yang berkualitas baik,” kata Russo.
 
3 Hal yang Perlu Dipersiapkan ketika Anak Kembali Bersekolah
 
Selain jumlah masker yang dimiliki, menurut Dr. Russo, hal yang tidak boleh dilupakan adalah kualitas masker. Dr. Russo merekomendasikan untuk membeli masker yang terdiri dari beberapa lapis dan kain dengan kepadatan yang tinggi.

2. Pastikan masker yang digunakan menempel dengan baik

Banyak orang yang tidak terlalu memerhatikan penggunaan masker yang sesuai dengan wajah, tetapi menurut Dr Russo hal tersebut memiliki peran yang sangat penting dalam sisi efektivitas masker. Ia menekankan untuk memilih masker dengan ukuran yang sesuai dengan wajah anak, dan yang menutupi baik mulut dan hidung ketika dipakai.
 
Sebagai tambahan, meskipun masker yang digunakan harus ketat saat digunakan tetapi usahakan tidak membuat anak kesulitan bernapas. Masker yang baik adalah masker yang membuat anak tetap merasa nyaman ketika menggunakannya dalam waktu yang cukup panjang.

3. Penggunaan hand sanitizer

Dr Russo juga menyarankan agar orang tua memiliki persediaan terhadap hand sanitizer yang mengandung antibakteri. Ia merekomendasikan orang tua untuk memilikinya dalam berbagai ukuran, baik itu ukuran besar dan kecil. Botol ukuran kecil bisa dimasukkan ke dalam tas anak sehingga mereka bisa menggunakannya dengan mudah.
 
3 Hal yang Perlu Dipersiapkan ketika Anak Kembali Bersekolah
 
Selain itu, orang tua juga harus mengajarkan anak untuk tidak menelan hand sanitizer. American Academy of bahkan menyarankan untuk memerhatikan penggunaan hand sanitizer pada anak usia kurang dari 5 tahun.
 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif