Ini Asal-usul Warna Mata Bayi Anda
Gen yang diwariskan si kecil dari Anda berperan dalam menentukan warna mata saat baru lahir. (Foto: Artem Bali/Unsplash.com)
Jakarta: Tahukah Anda bahwa warna mata si kecil dapat berubah? Banyak bayi yang dilahirkan dengan mata berwarna biru. Ternyata mengalami perubahan mata seiring dengan bertambahnya usia si kecil. Lantas, apa penyebabnya?

Dilansir dari BabyCenter, kebanyakan janin memiliki mata biru karena pigmen belum juga selesai. Namun warna mata si kecil dapat mengalami perubahan mata setelah lahir.

Hal ini umumnya terjadi pada si kecil yang memiliki warna mata lebih terang. inilah yang menyebabkan warna mata si kecil berubah.


(Baca juga: Masalah Penglihatan Mata Bayi)


(Dilansir dari BabyCenter, kebanyakan janin memiliki mata biru karena pigmen belum juga selesai. Namun warna mata si kecil dapat mengalami perubahan mata setelah lahir. Foto: Sharon McCutcheon/Unsplash.com)

1. Faktor gen
Gen yang diwariskan si kecil dari Anda berperan dalam menentukan warna mata saat baru lahir. Janin dengan gen HERC2 memiliki mata biru yang cenderung tetap biru, sementara janin yang gennya OCA2 memiliki mata hijau atau coklat.

Sayangnya, tubuh si kecil belum bereaksi terhadap semua gen di dalam DNA-nya. Mata si kecil dapat berubah dalam beberapa bulan pertama kehidupannya.

2. Faktor melanin
Melanin sendiri adalah suatu jenis protein yang berfungsi untuk membentuk warna pada kulit, mata, dan rambut. Semakin banyak kandungan melanin di tubuh, maka semakin gelaplah warna mata, rambut, atau kulit Anda.

Biasanya, warna mata si kecil yang berbeda-beda pada setiap orangnya akan bergantung seberapa banyak pigmen yang tergantung di belakang iris.

Terkadang pun proses perubahan warna mata pada si kecil dapat memakan waktu yang lama. Perlu diingat bahwa tidak semua bayi dilahirkan dengan mata berwarna biru, misalnya Asia, atau Afrika-Amerika.


Maria Fransiska






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id