Menanamkan disiplin yang baik pada anak sejak dini merupakan langkah penting untuk membentuk masa depan mereka. (Ilustrasi/Pexels)
Menanamkan disiplin yang baik pada anak sejak dini merupakan langkah penting untuk membentuk masa depan mereka. (Ilustrasi/Pexels)

4 Cara Positif Mendisiplinkan Anak Tanpa Menghukumnya

Rona perkembangan anak Lagu Anak-anak
Sandra Odilifia • 23 April 2021 07:08
Jakarta: Menanamkan disiplin yang baik pada anak sejak dini merupakan langkah penting untuk membentuk masa depan mereka. Selain itu, dalam mendisiplinkan si kecil, hukuman mungkin bukan pilihan terbaik, lho! 
 
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hukuman dapat berdampak sangat negatif pada kesehatan emosional anak. Jadi, penting untuk mencari alternatif positif dari hukuman.
 
Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah tetapkan aturan yang jelas untuk diikuti anak-anak kamu dan minta mereka menanggung konsekuensi jika melanggarnya. Bersikaplah praktis saat membuat daftar aturan dan konsekuensinya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, berikut adalah beberapa cara positif yang bisa kamu terapkan untuk mendisiplinkan anak:
 

1. Bicaralah dengan anak kamu


Biasanya anak-anak bertingkah laku karena beberapa alasan. Maka itu, bicaralah dengan mereka saat kamu menyadari ada sesuatu yang salah. Terkadang pelukan atau upaya untuk terhubung adalah sesuatu yang dibutuhkan anakmu.
 

2. Beri mereka pilihan


Setiap kali anakmu melakukan kesalahan, berikan dia dua pilihan yang dapat kamu terima. Ini membuat mereka merasa bahwa mereka memiliki kendali atas situasi dan juga membantu mereka belajar tentang batasan.
 

3. Dengarkan mereka


Bicaralah dengan mereka dan yakinkan bahwa mereka didengarkan. Biarkan anakmu menyelesaikan ceritanya dan lihat apakah kelakuan buruknya memiliki pola.
 

4. Abaikan perilaku buruk yang ringan


Belajarlah untuk mengabaikan perilaku buruk yang ringan. Terkadang anak-anak bertingkah hanya untuk mendapatkan perhatian orang tua. Jadi ketika kamu tidak bereaksi, secara otomatis mereka akan tenang dengan sendirinya.
 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif