Tips Memasak Beras Merah
Berikut ini adalah beberapa tips dalam memasak beras merah. (Foto: Charles Koh/Unsplash.com)
Jakarta: Beras merah memiliki kandungan yang sedikit berbeda dari beras putih. Beras merah memiliki kandungan serat yang lebih banyak dan lebih sedikit protein dibandingkan beras biasanya.

Sehingga dalam proses memasaknya pun, beras merah memerlukan teknik tertentu agar beras bisa matang dengan sempurna. 

Berikut ini adalah beberapa tips dalam memasak beras merah.


1. Selalu mencucinya terlebih dahulu
Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencuci beras sebelum memasaknya, ujar Grace Young, penulis buku masak "Stir-Frying to the Sky's Edge" yang juga seorang koki. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada beras. 

(Baca juga: Tepatkah Mengganti Nasi Putih dengan Nasi Merah atau Hitam untuk Anak?)


(Menurut Young-seorang koki, beras merah memiliki bentuk yang lebih pendek dibandingkan beras putih biasa yang lebih panjang. Foto: Annie Spratt/Unsplash.com)

2. Menggunakan teknik jari
Setelah beras dicuci dan ditiriskan, Young selalu menggunakan teknik ruas jari. "Tambahkan air secukupnya sampai ukuran garis pertama pada jari tengah Anda." Caranya dengan meletakkan jari tengah Anda di atas beras yang sudah diratakan, kemudiian isi air sampai ruas pertama jari tengah Anda. 

3. Gunakan wadah yang pas
Perhatikan panci yang digunakan untuk memasak nasi. Usahakan untuk menggunakan wadah yang sesuai dengan ukuran beras yang akan Anda masak. Jika ukuran wadah terlalu besar atau kecil, beras yang dihasilkan tidak akan sempurna. 

4. Beras merah perlu dimasak lebih lama
Menurut Young, beras merah memiliki bentuk yang lebih pendek dibandingkan beras putih biasa yang lebih panjang. Sehingga dalam memasaknya pun, beras merah membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan beras putih pada umumnya. 






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id