Mayke Ruth Loyali, Relawan di Organisasi Pecinta Anjing, Petify. (Foto: Dok Pribadi)
Mayke Ruth Loyali, Relawan di Organisasi Pecinta Anjing, Petify. (Foto: Dok Pribadi)

6 Hal Dasar yang Perlu Diketahui ketika Pertama Kali Pelihara Anjing

Rona hewan peliharaan
Kumara Anggita • 09 Juli 2020 15:32
Jakarta: Kegemasan yang dipancarkan anjing membuat banyak orang ingin memeliharanya. Bila Anda salah satu dari mereka dan belum berpengalaman, pastikan Anda tahu hal-hal dasarnya.
 
Berikut hal dasar yang perlu diketahui ketika pertama kali punya anjing, seperti yang disarankan Mayke Ruth Loyali, selaku Relawan di Organisasi Pecinta Anjing, Petify:

1. Siapkan tenaga

Mayke menyebutkan bahwa ketika punya anjing baru, Anda tidak boleh malas. Anda perlu membawanya jalan-jalan agar anjing tersebut bisa dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Setelah itu, pastikan pula secara rutin untuk membawanya jalan-jalan agar energinya tersalurkan.
 
“Kalau newbie dan baru adopsi anjing yang usia pertengahan, kita bisa ajak dia buat kenal ke lingkungan sekitar. Setiap hari, bawa dia jalan ke beberapa lingkungan rumah. Maksudnya jika ada kebun, kita bisa ajak jalan-jalan,” ungkap Mayke saat dihubungi Medcom.id.

2. Berikan afeksi

Awalnya, anjing yang baru diadopsi pasti akan merasa terasing. Untuk menumbuhkan kepercayaannya, berikan afeksi yang intens.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Pastikan kita selalu hadir, sering melakukan sentuhan fisik, buat dia nyaman. Kalau melihara yang puppies, ya sama, namun afeksi kita harus lbih intens, sering kita gendong, atau mainin,” jelasnya.

3. Berikan makan secukupnya

Anda bisa memberikan makanan anjing kemasan untuk anak anjing atau mengombinasikannya dengan makanan lain seperti ayam, hati, atau bahkan nasi. Sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan anjing. Ini adalah waktu untuk mencoba-coba.
 
“Kalau untuk makan, iya itu sesuai kondisi masing-masing pemelihara, ada yg makanan wetfood dicampur dryfood, ada yg dryfood doang, ada yg wetfood campur nasi. Tidak apa asal kita kasih makan dengan porsi cukup, dalam artian dia tidak sampai minta-minta kelaparan. Mungkin dua kali sehari sudah cukup,” jelasnya.

4. Mandi seminggu sekali

Pastikan anjing tetap dalam keadaan bersih agar tidak terkena kutu, jamur, dan penyakit kulit lainnya. Umumnya, anjing dimandikan seminggu sekali.
 
“Untuk mandi, bisa kita mandikan seminggu sekali, paling lama ya. Itu pun kalau wilayah mainnya dia tidak kotor. Bisa juga kita mandiin dengan air hangat biar dia rileks,” terang Mayke.

5. Siapkan pasir atau lahan untuk buang air

Perlu juga diingat bahwa binatang pastinya akan buang air dan Anda harus sudah menyiapkan tempat untuk itu. Bisa berupa pasir atau lahan atau kamar mandi (dilatih menggunakan toilet).
 
“Latih buat bisa buang air di tempat yang diinginkan. Ini artinya jangan sampai di dalam kamar dan lain-lain. Habis makan, coba biarkan dia keliaran di pasir tanah atau biasanya, nanti biasanya dia akan buang air sendiri,” jelasnya.

6. Cek kesehatan

Selain itu, Anda juga perlu bawa anjing Anda ke dokter hewan. Terlebih bila Anda mendapatkan anjing tersebut tanpa mengetahui asal muasalnya.
 
“Perawatan rutin yang paling penting soal kesehatan. Pastikan anjing sudah diberi vaksin agar lebih tahan dari penyakit terutama virus-virus,” tambah Yusuf Firdaus, Relawan di Petify.
 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif