Kurangnya minat seks lebih tinggi dialami perempuan yang berada pada hubungan jangka panjang. (Foto Ilustrasi: Toa Heftiba/Unpslash)
Kurangnya minat seks lebih tinggi dialami perempuan yang berada pada hubungan jangka panjang. (Foto Ilustrasi: Toa Heftiba/Unpslash)

Alasan di Balik Rendahnya Minat Seks

Rona seks
Anda Nurlaila • 13 Mei 2019 18:54
Jakarta: Dorongan seksual seseorang dengan suami atau istri mereka bisa mengalami pasang surut. Semua itu ditentukan oleh libido atau nafsu birahi seseorang.
 
Yang dikhawatirkan adalah libido rendah. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Mulai dari kelelahan, penyakit, hingga riwayat seks. Namun sebuah penelitian terbaru menemukan, alasan hasrat seks yang menurun tajam ternyata sangat sederhana.
 
Studi yang diterbitkan di BMJ Open menganalisis survei dua tahun kehidupan seksual. Data termasuk tanggapan dari 4.839 pria dan 6.669 wanita, antara usia 16 dan 74 tahun yang memiliki setidaknya satu pasangan seksual dalam satu tahun terakhir. Mereka yang tidak melakukan hubungan seks tidak termasuk dalam penelitian ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah mereka menghitung statistik, para peneliti menemukan hasil menarik. Secara keseluruhan, 15 persen pria dan lebih dari 34 persen wanita dikabarkan kurang berminat pada seks.
 
Banyak faktor berkontribusi pada dorongan seks yang lebih rendah di antara pria dan wanita, termasuk usia, riwayat seks, dan kesehatan fisik serta mental. Tetapi bagi wanita khususnya, kurangnya minat seks lebih tinggi dialami perempuan yang berada pada hubungan jangka panjang, setidaknya selama satu tahun.
 
Hubungan jangka panjang memberi banyak fasilitas. Termasuk keamanan, dukungan, dan persahabatan. Satu-satunya negatif adalah setelah "fase bulan madu" mereda, seks sering tak lagi menarik.
 
"Banyak pasangan berjuang dari kebosanan ketika kehidupan seks mereka menjadi terlalu rutin," ujar pemilik Skylight Counseling Center di Chicago, David Klow, kepada Prevention.
 
Perubahan, bahkan yang kecil seperti berhubungan seks pada waktu terbaik dapat membantu memperbaiki libido dan keinginan seks di antara pasangan.
 
Ada banyak cara mengembalikan percikan dalam kehidupan intim. Bereksperimen dengan posisi dan lokasi baru, saling berkomunikasi, hingga terapi pasangan dapat meningkatkan libido dan kualitas hubungan. Anda dan pasangan juga bisa mencoba bermain-main selama waktu terbaik untuk berhubungan seks, yaitu pada sore hari.
 
Kebiasaan hidup sehat dapat meningkatkan kualitas hubungan dan membuat hasrat seks naik. Menghindari merokok, memperhatikan asupan obat-obatan, berlibur bersama pasangan, saling bersentuhan dengan mata terbuka, hingga bersikap seperti pasangan baru dapat membuah gairah kembali menyala.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif