Menikah adalah anugerah dari Tuhan, untuk itu persiapkan diri Anda dengan matang dalam menerima anugerah tersebut. (Foto ilustrasi-freepik)
Menikah adalah anugerah dari Tuhan, untuk itu persiapkan diri Anda dengan matang dalam menerima anugerah tersebut. (Foto ilustrasi-freepik)

Takut Menikah? Ini Tips Menanganinya ala Inez Kristanti

Rona romansa
Sunnaholomi Halakrispen • 29 Juli 2020 11:08
Jakarta: Pernikahan tidak lengkap tanpa keyakinan diri. Namun, rasa takut untuk menikah kerap kali muncul, baik karena keraguan terhadap pasangan, membayangkan kehidupan pernikahan, atau bahkan tanpa alasan yang Anda pahami dengan jelas.
 
Apabila rasa takut itu muncul, jangan dibiarkan berlarut. Menurut Psikolog Klinis dan Sexuality Educator Inez Kristanti, M.Psi., Psikolog, pastikan perasaan yang ada di dalam diri Anda.
 
"Ditanya lagi ketakutan-ketakutannya itu apakah berdasarkan ancaman yang realistis atau enggak. Jadi boleh di-list kekhawatirannya apa," ujar Inez, sapaannya, dalam Ngobras Medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Inez menekankan bahwa jangan sampai Anda merasa takut yang tanpa alasan jelas. Anda hanya sekadar merasa takut tanpa mengerti penyebabnya.
 
Apabila Anda telah membuat daftar hal yang kemungkinan bisa membuat Anda takut untuk menikah, kemudian lihatlah daftar itu satu per satu. Apakah itu merupakan sesuatu yang realistis untuk ditakutkan dan apakah bisa dibicarakan dengan pasangan Anda.
 
"Sehingga bisa ditemukan solusi dari kekhawatiran tersebut, atau kalau mengganggu sendiri mungkin bisa konsultasi ke psikolog kalau ada hal-hal yang sulit ditangani sendiri," paparnya.
 
"Misalnya ada trauma kah di masa lalu, atau ada kejadian yang akhirnya membuat dia sulit untuk berkomitmen. Jadi bisa dibicarakan ke mental health profesional," tambahnya.
 

(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif