Presiden RI ketiga BJ Habibie berdoa di depan makam Hasri Ainun Habibie, Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta Selatan--MI/Ramdani
Presiden RI ketiga BJ Habibie berdoa di depan makam Hasri Ainun Habibie, Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta Selatan--MI/Ramdani

BJ Habibie dan Cinta Sejatinya

Rona Habibie Meninggal Dunia
K. Yudha Wirakusuma • 12 September 2019 11:54
Jakarta: Indonesia berduka, salah satu putra terbaik bangsa meninggal. Bacharuddin Jusuf Habibie menghembuskan nafas terakhir, Rabu 11 September 2019, pukul 18.05 WIB.
 
Selain meningalkan segudang prestasi emas, Presiden ke-3 RI itu mengukirkan kisah cinta sejati dengan istrinya Hasri Ainun Besari (Ainun). Bahkan kisah cintanya diangkat dalam film layar lebar dan diabadikan lewat monumen, yang dinamakan Monumen Cinta Sejati Ainun Habibie.
 
Film Habibie & Ainun

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Film Habibie & Ainun dirilis pada tanggal 20 Desember 2012. Film tersebut dibintangi oleh Reza Rahardian, Bunga Citra Lestari dan Tio Pakusadewo. Film ini bercerita tentang kisah hidupnya bersama mendiang istrinya, Hasri Ainun Habibie, dalam buku Habibie dan Ainun yang  diangkat dari memoar yang ditulis Habibie.
 
Film ini juga memiliki sound track yang diciptakan Melly Goeslaw berjudul Cinta Sejati, yang dinyanyikan Bunga Citra Lestari.
 
Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun
 
Monumen ini terletak di Parepare, Sulawesi Selatan. Monumen ini dibuat untuk mengenang cinta Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie kepada istrinya Hasri Ainun Besari.
 
Selain itu Monumen Cinta sejati Ainun Habibie, ini adalah kado Pernikahan untuk Habibie pada hari ulang tahun pernikahannya dengan Ibu Ainun. Peresmian Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun ini bertepatan dengan peringatan hari ulang tahun pernikahan Habibie dan Ainun yang ke-53.
 
Habibie menghembuskan napas terakhir pada usia 83 tahun. Habibie wafat karena faktor usia dan gagal jantung.
 
Gagal jantung merupakan kondisi saat pompa jantung melemah. Sehingga tidak mampu mengalirkan darah yang cukup ke seluruh tubuh. Kondisi ini juga dikenal dengan istilah gagal jantung kongesif. Salah satu penyebabnya adalah Penyakit Jantung Koroner.
 
Sementara itu, Ainun telah lebih dulu meninggal pada 22 Mei 2010. pada umur 72 tahun. Ainun menderita kanker ovarium dan pada tanggal 24 Maret 2010.
 
Ainun Habibie masuk ke rumah sakit Ludwig-Maximilians-Universität, Klinikum Grosshadern, München, Jerman dan telah menjalani sembilan kali operasi. Empat dari sembilan operasi tersebut merupakan operasi utama sedangkan sisanya merupakan eksplorasi.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif