Mengatasi Ketidaknyamanan pada Keluarga Pasangan
Berikut ini masalah-masalah yang paling umum dialami dari keluarga pasangan dan bagaimana cara menghadapinya. (Foto: Marissa Price/Unsplash.com)
Jakarta: Dengan memiliki pasangan tentu Anda juga harus melakukan pendekatan pada keluarganya. Namun terkadang, untuk bisa memiliki kedekatan dengan keluarga pasangan tidaklah mudah. Dan itu adalah sesuatu yang umum terjadi. 

Menurut Megan Fleming, PhD, seorang terapis hubungan yang berada di New York adalah hal biasa untuk memiliki hubungan yang menantang dengan keluarga besar pasangan Anda.

"Kita semua memiliki penilaian yang ideal mengenai keluarga yang akan dimiliki dan juga harapan mengenai keluarga dari pasangan kita yang tentunya bisa memberikan dukungan dan bisa memberikan support kepada kita," katanya. "Namun terkadang, itu semua tidak terjadi sesuai yang kita inginkan."


Berikut ini masalah-masalah yang paling umum dialami dari keluarga pasangan dan bagaimana cara menghadapinya, dikutip dari Health.com.

(Baca juga: Cara Membuat Mertua Menyayangi Anda)

1. Mereka mengganggu
Beberapa anggota keluarga tidak menghargai batasan. "Mereka mungkin berpikir mereka dapat mampir ke tempat Anda tanpa pemberitahuan sebelumnya atau berharap bahwa Anda berdua akan menghabiskan waktu liburan bersama mereka," kata Fleming.

Solusi: Pertama, pastikan Anda dan pasangan memiliki kekompakan mengenai apa yang mengganggu dan tidak mengganggu ketika ada kerabat datang berkunjung ke rumah. Kekompakan Anda dan pasangan dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

2. Mereka bertindak seenaknya
Mungkin keluarga pasangan Anda akan bercanda, tetapi menurut Anda candaan yang dilakukan oleh keluarga pasangan tidak tepat dan justru malah membuat Anda merasa tersinggung.

Solusi: "Jika Anda sering melihat keluarga pasangan Anda terlalu sering berkomentar dan justru malah membuat Anda tidak nyaman, mungkin lebih mudah untuk membiarkannya pergi dan fokus pada hal lain yang lebih berguna saja," ujar Fleming.


(Secara perlahan beri keluarga mertua Anda sedikit perspektif jika tak sepaham dengan Anda. Foto: Sharon McCutcheon/Unsplash.com)

3. Mereka sangat kritis
Jadi Anda pikir Anda melakukan hal yang benar dengan mengundang mertua Anda untuk makan malam dan kemudian yang mereka lakukan hanyalah mengkritik cara Anda menjaga rumah dan membiarkan anak-anak Anda menonton TV sebelum tidur.

Solusi: Secara perlahan beri mereka sedikit perspektif, seperti dengan mengatakan "Saya tahu itu mungkin bukan cara Anda melakukannya, tetapi kami bekerja penuh waktu, berusaha menjaga anak-anak, dan tidak benar-benar punya uang untuk seorang pengurus rumah tangga,"  saran Fleming.

4. Anda tidak memiliki kesamaan
Anda mungkin tidak selalu memiliki kesamaan dengan keluarga besar pasangan Anda. Atau bahkan mungkin Anda merasa sangat berbeda dengan keluarga besar dari pasangan Anda dan tidak memiliki kesamaan sama sekali.

Solusi: Buat ritual atau kegiatan yang dapat Anda lakukan bersama, seperti memasak makanan khusus, menghadiri pertunjukan, atau pergi bermain bowling, kata Fleming. "Temukan sesuatu yang dapat dinikmati oleh semua orang, sehingga Anda tidak hanya duduk di meja makan mencoba untuk mencari tahu apa yang harus dikatakan."







(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id