Persahabatan bukan terjalin karena lamanya kita berteman, tetapi sejauh mana pertemanan itu bisa saling menopang baik suka maupun duka . (Foto: Jeanet Kartika/Medcom.id))
Persahabatan bukan terjalin karena lamanya kita berteman, tetapi sejauh mana pertemanan itu bisa saling menopang baik suka maupun duka . (Foto: Jeanet Kartika/Medcom.id))

Sejarah Hari Persahabatan Internasional dan Cara Merayakannya

Rona persahabatan
A. Firdaus • 30 Juli 2020 20:10
Jakarta: Persahabatan bagai kepompong. Sepenggal lirik dari Sind3ntosca ini menjadi lagu favorit bagi mereka yang punya persahabatan yang kuat.
 
Tapi tahukah Anda, jika persahabatan punya hari perayaannya? Ya, Hari Persahabatan Internasional dirayakan setiap 30 Juli.

Sejarah terciptanya Hari Persahabatan Internasional

Tahun 1930, Hari Persahabatan Internasional dicetuskan pertama kali oleh Joyce Hall. Joyce merupakan penemu kartu merek Hallmark.
 
Lalu beranjak jauh ke 1998, Nane Annan, istri dari Sekretaris Jenderal United Nations (Perserikatan Bangsa-bangsa), menetapkan Winnie the Pooh, sebagai Ambassador of Friendship di UN.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian, ide untuk membuat Hari Persahabatan Internasional dicanangkan kembali di Paraguay oleh Dr. Ramon Artemio Bracho. Ketika itu ia sedang makan malam dengan teman-temannya.
 
Pada acara makan malam ini, lahirlah World Friendship Crusade, sebuah yayasan yang mengedepankan persahabatan dan persekutuan di antara semua orang dan tidak berdasarkan ras, warna kulit atau agama. Sejak itu, Hari Persahabatan telah dirayakan di Paraguay setiap 30 Juli.
 
World Friendship Crusade pun selama bertahun-tahun terus menyampaikan kepada United Nations untuk membuat Hari Persahabatan menjadi hari yang resmi.
 
Baru pada 2011, United Nations setuju untuk menetapkan 30 Juli sebagai International Day of Friendship (Hari Persahabatan Internasional).

Cara memeriahkan Hari Persahabatan Internasional

Pada hari ini, kalian bisa merayakan Hari Persahabatan Internasional dengan cara kalian. Berikut beberapa ide menarik untuk menunjukkan betapa berharganya sahabat dan persahabatan bagi Anda seperti dilansir greenfields:

1. Collage foto

Anda bisa membuat koleksi foto dengan sahabat. Kemudian bisa Anda posting di media sosial dan menandai sahabat Anda. Tentu hal ini kerap Anda lakukan usai melakukan aktivitas atau kegiatan bareng sahabat kalian.

2. Simbol persahabatan

Setiap kumpulan persahabatan punya cara spesial untuk membuat simbol. Nah, untuk melambangkan persahabatan Anda dan sahabat, kalian bisa membuat sesuatu yang khusus yang hanya dimiliki Anda dan sahabat.
 
Sejarah Hari Persahabatan Internasional dan Cara Merayakannya
Gelang, bisa menjadi simbol persahabatan. (Foto: Ilustrasi-Freepik)
 
Misalnya, Anda bisa membeli beberapa t-shirt polos dan berikan tulisan ataupun gambar yang khusus untuk para sahabat Anda atau, gelang persahabatan. Perlu diketahui, gelang persahabatan (friendship bracelet) adalah tradisi yang sudah lama diterapkan di Amerika Serikat untuk melambangkan ikatan persahabatan antara Anda dan sahabat.

3. Hadiah bermakna

Berikan hadiah yang bermakna untuk sahabat Anda. Pada Hari Persahabatan Internasional ini, coba deh ingat-ingat hal apa yang akan sangat berarti bagi berarti buat sahabat Anda.
 
Tak perlu barang mahal, Anda bisa memberikan foto sepuluh tahun yang lalu, teh dengan rasa yang sangat mereka sukai, atau cerita lucu yang pernah Anda alami bersama mereka.
 
Sejarah Hari Persahabatan Internasional dan Cara Merayakannya
Memberikan hadiah kepada sahabat, tak perlu yang mahal tapi bermakna. (Foto: Ilustrasi-Freepik)
 
Cerita lucu ini bisa ditulis tangan dan dikirimkan kepadanya sebagai hadiah yang hanya Anda dan sahabat tahu maknanya. Ada barang-barang yang bagi orang lain terlihat biasa, justru bisa sangat berarti bagi Anda dan sahabat Anda.

4. Brunch bareng

Anda juga bisa menikmati brunch bareng sahabat Anda. Pada saat seperti ini, kita dianjurkan untuk tetap menjaga jarak seperti physical distancing, terutama di tempat umum. Jadi undang sahabat Anda brunch bareng di rumah, tentunya dengan tetap menjaga jarak aman.
 
Brunch di akhir pekan rasanya paling tepat, karena Anda akan jadi banyak waktu untuk ngobrol dan membuat kenangan baru bareng sahabat. Jadi siapkan hidangan yang bisa dinikmati sambil ngobrol santai. Seperti membuat Omelet Keju Jamur, Avocado Toast, atau Riccotta Chocolate Muffin.
 

(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif