Peneltiain dari Frontiers in Psychology pada 2017 menemukan bahwa anjing itu terpikat oleh senyum manusia. (Ilustrasi/Pexels)
Peneltiain dari Frontiers in Psychology pada 2017 menemukan bahwa anjing itu terpikat oleh senyum manusia. (Ilustrasi/Pexels)

Anjing Ternyata Suka dengan Senyuman Manusia

Rona hewan peliharaan
Kumara Anggita • 04 Agustus 2020 15:47
Jakarta: Tak hanya manusia yang suka terpukau dengan senyuman anjing yang menggemaskan. Ternyata anjing itu sendiri juga suka dengan senyuman manusia.
 
Dikutip dari Healthline, peneltiain dari Frontiers in Psychology pada 2017 menemukan bahwa anjing itu terpikat oleh senyum manusia. Studi ini membuat 43 anjing harus melihat gambar wajah manusia yang tersenyum atau marah, dan kemudian masing-masing anjing dites sebanyak dua kali.
 
Ditemukan bahwa respons dan perhatian emosional adalah faktor kunci yang memengaruhi pandangan anjing. Melihat manusia tersenyum membuat kadar oksitosin (hormon yang terkait dengan cinta, kemelekatan, dan kepercayaan) mereka meningkat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada dasarnya, anjing cenderung fokus pada hal-hal mengancam atau berbahaya namun para peneliti menemukan bahwa oksitosin ini (yang didapat dari senyuman manusia) dapat memengaruhi hewan-hewan untuk mengabaikan atau mengabaikan insting bertahan hidup mereka.
 
Hasilnya, anjing Anda jadi merasa baik dan senang. Perasaan positif itu pun pada akhirnya bisa tertular ke Anda juga. Jadi, berikan lebih banyak senyuman dari hari ini pada anjing Anda ya.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif