Masjid Hamidiye, masjid dengan suasana taman yang terinspirasi dari sebuah ayat dalam alquran; Al Baqarah ayat 22. (Foto: Ilmfeed)
Masjid Hamidiye, masjid dengan suasana taman yang terinspirasi dari sebuah ayat dalam alquran; Al Baqarah ayat 22. (Foto: Ilmfeed)

Mengintip Masjid yang Terinspirasi Sebuah Ayat Alquran

Ramadan masjid Ramadan 2018
21 Mei 2018 16:38
Jakarta: Masjid identik dengan pilar-pilar tinggi dengan kubah-kubah yang besar. Kearifan lokal atau gaya arsitektur ottoman kerap dijadikan rujukan arsitektur untuk membangun sebuah masjid.
 
Tapi siapa sangka salah satu masjid yang terletak di Kota Kirsehir, Turki, ini justru mengusung tema taman yang hijau. Adalah Masjid Hamidiye, masjid dengan suasana taman yang terinspirasi dari sebuah ayat dalam alquran; Al Baqarah ayat 22.
 
Melansir Ilmfeed, Hamidiye Camii (masjid) awalnya dibangun sekitar 1910 di bawah kekhalifahan Utsmaniyah di lingkungan Yenice Kirsehir. Beberapa dekade berlalu, masjid yang diberi nama Amir al-Mukminun Sultan Abdulhamid II Khan ini terabaikan dan rusak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kondisinya yang memprihatinkan membuat masjid ini diruntuhkan dan dibangun kembali dengan gaya yang berbeda di atas tanah yang sama.
 
Motif artistik di dalam masjid dilukis oleh arsitektur dari Azerbaijan. Suasananya yang jauh berbeda dari masjid pada umumnya sangat menarik perhatian sejak mulai dibuka pada tahun lalu.
 
Mengintip Masjid yang Terinspirasi Sebuah Ayat Alquran
Sumber: ilmfeed
 
Tak hanya warga lokal, banyak orang datang dari luar kota bahkan luar negeri datang untuk merasakan ibadah yang seolah-olah berada di taman surga.
 
Imam Masjid Hamidiye Sefa Ekinci mengungkap bahwa pembangunan masjid memang terinspirasi dari surat Al Baqarah ayat 22 yang berbunyi,
 
"Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hukan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui" ( QS. Al Baqarah: 22)
 
Ekinci mengatakan dari ayat tersebut dibangunlah sebuah masjid dengan dekorasi alam.
 
"Memulai lukisan seolah membiarkan air jatuh dari langit, menempatkan air terjun di kubah-kubah, dan pohon dilukis di setiap kaca jendela di dinding. Kami benar-benar mencoba mewujudkan semangat ayat itu ke dalam desain interior masjid," katanya.
 

Mengintip Masjid yang Terinspirasi Sebuah Ayat Alquran
sumber: ilmfeed
 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif