Bedah rumah yang dilakukan di Sumut. Foto: Kementerian PUPR
Bedah rumah yang dilakukan di Sumut. Foto: Kementerian PUPR

1.450 Rumah Tak Layak Huni di Sulut Dapat Bantuan Rp20 Juta

Antara • 15 Agustus 2022 16:02
Manado: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Perumahan membangun sekitar 1.450 unit rumah melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) berbasis padat karya di wilayah Sulawesi Utara (Sulut).
 
"Program ini bersentuhan langsung dengan masyarakat. Masyarakat yang bekerja dan mereka bisa mendapatkan upah," ujar Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sulawesi I, Recky Walter Lahope di Manado, Senin, 15 Agustus 2022.
 
Sebanyak 1.450 unit rumah yang dibangun ini menyebar di kabupaten dan kota di Sulut. Setiap unit rumah dibantu sebesar Rp20 juta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tahun ini jumlah unit rumah yang dibangun menurun. Pada tahun-tahun sebelum pandemi covid-19, pembangunannya bisa mencapai 5 ribu unit rumah," katanya.
 
Baca juga: 60 Rumah Tak Layak Huni di Papua Tengah Dapat Bantuan Senilai Rp2,4 Miliar

Ia mengatakan pembangunan 1.450 unit rumah tersebut ditargetkan selesai pada Oktober tahun ini. "Kami berharap peran serta masyarakat. Pembangunan bukan dikerjakan kontraktor, melainkan masyarakat," ucapnya.
 
Recky mengatakan bantuan sebesar Rp20 juta tersebut tidak diberikan dalam bentuk uang, tapi berupa bahan (material) dengan tata penyaluran yang sudah diatur. "Jadi, ada tim yang akan akan mendampingi," ujarnya.
 
Tujuan dari program ini memperbaiki rumah yang tidak layak menjadi layak dari sisi kesehatan, kenyamanan dan keamanan. Harapannya rumah yang sebelumnya berdinding bambu atau 'pitate' bisa menjadi layak sesuai dengan persyaratan, sehat, aman dan nyaman. 
 
"Artinya, dengan program stimulan ini masyarakat mendapatkan kesempatan untuk hidup lebih layak dan sejahtera," katanya.
 
(KIE)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif