Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Foto: Kementerian PUPR
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Foto: Kementerian PUPR

Menteri Basuki Dorong Pembiayaaan Infrastruktur Pakai Skema KPBU

Rizkie Fauzian • 02 Desember 2022 18:07
Jakarta: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendorong generasi muda Kementerian PUPR untuk terus aktif belajar dan berinovasi dalam mengembangkan skema pembiayaan infrastruktur alternatif di luar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). 
 
"Banyak sekali skema-skema pembiayaan kreatif untuk infrastruktur. Saya berharap Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR bisa mendorong dan mengisi celah-celah kekurangan pembiayaan dalam pembangunan infrastruktur terutama untuk percepatannya," katanya di Jakarta, Jumat, 2 Desember 2022.
 
Sebab ke depannya pembangunan infrastruktur tidak bisa diharapkan hanya dari APBN, pasti melibatkan investasi, baik dari KPBU atau investasi murni.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jika semua pembangunan infrastruktur diharapkan berasal dari APBN, pasti kita akan terlambat," ujarnya.
 
Baca juga: Tidak Bergantung APBN, Pembangunan Infrastruktur Bisa Pakai Skema KPBU

Sebagai bentuk inovasi, Menteri Basuki meluncurkan dua aplikasi teknologi informasi, yakni Sistem Informasi Proyek KPBU atas Prakarsa Badan Usaha (SIPRABU) dan Sistem Informasi Pengadaan Badan Usaha Pelaksana Proyek KPBU (SIPADU).
 
SIPRABU adalah inovasi untuk memudahkan setiap badan usaha dalam melakukan pengusulan proyek KPBU secara transparan dan kredibel. Layanan ini bisa diakses melalui tautan siprabu.pu.go.id. 
 
Sedangkan SIPADU adalah inovasi untuk meningkatkan transparansi dan efisiensi proses pengadaan Badan Usaha Pelaksana KPBU bidang PUPR serta meningkatkan kualitas pengadaan.
 
Adapun Sipadu dikembangkan dengan mengacu kepada Peraturan Kepala LKPP Nomor 19 Tahun 2015 dan Peraturan LKPP Nomor 29 Tahun 2018. SIPADU dapat diakses melalui tautan pembiayaan.pu.go.id/sipadu.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id


 
(KIE)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif