Bagaimana Indonesia? Boleh jadi problemnya berlipat ganda. Selain efektivitas yang rendah, ketersediaan sarana belajar daring juga tidak sepenuhnya bisa diatasi. Belum lagi keterbatasan ekonomi sehingga tidak bisa membelu kuota pulsa.
Jadi, fenomena
learning loss paling mungkin terjadi pada anak-anak dari golongan ekonomi menengah ke bawah, yang memang tidak punya kemampuan untuk menggunakan dan mengakses gawai, juga internet, untuk belajar. Di Jakarta, misalnya, ada satu keluarga dengan anak tiga harus berebut gawai saat hendak belajar dari rumah.
Boro-boro pakai laptop, gawai sederhana saja cuma ada dua. Itu pun yang satu dipakai orangtua mereka mencari nafkah menjadi pengojek online. Tinggal satu gawai lagi harus dipakai bertiga. Padahal, tingkat pendidikan mereka berbeda: anak pertama SMA, nomor dua SMP, dan si bungsu SD. Bisa kita bayangkan bagaimana pengetahuan bisa mereka dapat bila sarana dan prasarana dasar saja mereka tidak mampu.
Saya mafhum semafhum-mafhumnya bila Mendikbud-Ristek terus mendesak agar pembelajaran tatap muka segera dimulai. Syaratnya, bertahap dan disiplin menjalankan protokol kesehatan. Bukan perkara mudah, bukan pula simsalabim langsung sanggup memutus mata rantai kehilangan pengetahuan, tapi setidaknya bisa mencegah tingkat keparahan
learning loss.
Tidak ada salahnya memulai saat kasus positif harian covid-19 mulai melandai di bawah 1.000 kasus dengan angka kematian di bawah 100 bahkan di bawah 50. Itu karena tidak ada bencana paling mengerikan bagi sebuah bangsa selain hilangnya generasi (
lost generation) akibat hilangnya ilmu pengetahuan alias
learning loss.