Ilustrasi UTBK, Medcom.id/Pythag Kurniati.
Ilustrasi UTBK, Medcom.id/Pythag Kurniati.

Intip Statistik UTBK untuk Hitung Peluang Tembus PTN

Pendidikan SNMPTN/SBMPTN 2019 SBMPTN 2019
Pythag Kurniati • 11 Juni 2019 17:58
Solo: Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) memasuki hari kedua. Seleksi tahun ini didasarkan pada perolehan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).
 
Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta Ahmad Yunus mengemukakan, statistik nilai UTBK yang diunggah di laman ltmpt.ac.id dapat digunakan sebagai acuan pemilihan jurusan.
 
"Jadi meski belum ada passing grade namun sebenarnya dia di posisi mana itu sudah bisa terlihat," ungkap Ahmad Yunus di kampus UNS Solo, Selasa, 11 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Peserta SBMPTN dapat melihat nilai terendah, median (tengah) dan nilai tertinggi. Pada tampilan statistik nilai UTBK juga diperlihatkan kelompok kuartil I (berada di antara nilai terendah dan median) serta kuartil III (berada di antara nilai median dan nilai tertinggi).
 
Baca:Prodi Agroekoteknologi Kuota Terbanyak di UB
 
"Misalkan dia berada di kuartil III berarti agak longgar dalam memilih jurusan," beber Ahmad Yunus.
 
Pemilihan jurusan juga dapat mengacu pada informasi daya tampung dan pendaftar program studi (prodi) di perguruan-perguruan tinggi negeri. Informasi daftar prodi tersebut juga tersaji dalam laman sbmptn.lpmpt.ac.id.
 
"Di setiap prodi sudah ada informasi daya tampung tahun ini dan berapa jumlah pendaftar tahun lalu. Saya kira tren prodi favorit tahun lalu tidak akan berbeda jauh," beber dia.
 
Baca:Skema Baru SBMPTN Tekan Tingkat Kegagalan Menembus PTN
 
Menurutnya, pihak UNS baru dapat mengakses jumlah pendaftar SBMPTN di UNS pada Rabu, 12 Juni 2019. Sedangkan seluruh aplikasi dan urusan pendaftaran ditangani oleh panitia pusat atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).
 
Kuota pendaftar yang diterima melalui jalur SBMPTN di UNS sebesar 50 persen atau sebanyak 3.315 orang. Tahun ini, ada 67 program studi yang dapat menjadi pilihan pendaftar di UNS.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif