Gedung kampus UB, Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq.
Gedung kampus UB, Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq.

Prodi Agroekoteknologi Kuota Terbanyak di UB

Pendidikan SNMPTN/SBMPTN 2019 SBMPTN 2019
Daviq Umar Al Faruq • 11 Juni 2019 15:47
Malang: Kuotamahasiswa baru untuk jalur pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 di Universitas Brawijaya (UB) Malang sejumlah 5.615 kursi. Terdiri dari kategori sains teknologi (saintek) sebanyak 3.627 kursi dan sosial humaniora (soshum) sebanyak 1.988 kursi.
 
Kepala Sub Bagian (Kasubag) Kearsipan dan Humas UB, Kotok Gurito mengatakan, kampusnya membuka tiga jalur pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun ini. Selain SBMPTN, terdapat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan jalur Mandiri.
 
"Total kuota mahasiswa baru di UB tahun 2019 sebanyak 13.215 kursi. SBMPTN 40 persen, SNMPTN 30 persen dan Mandiri 30 persen," kata Kotok, di Malang, Selasa, 11 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan data di sbmptn.ltmpt.ac.id, UB masuk ke dalam wilayah tiga. Kampus yang berlokasi di Jalan Veteran, Ketawanggede, Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur itu menyediakan 75 program studi (prodi) untuk jalur SBMPTN.
 
Baca:UM Siapkan 3.436 Kuota Calon Mahasiswa Baru di SBMPTN
 
Daya tampung terbanyak jalur SBMPTN di UB untuk kategori Saintek yakni pada prodi Agroekoteknologi dengan 324 kursi. Sedangkan, daya tampung terkecil ada pada prodi Teknologi Informasi dengan 35 kursi.
 
Sementara itu, daya tampung terbanyak jalur SBMPTN di UB untuk kategori Soshum yakni pada prodi Ilmu Hukum dengan 267 kursi. Sedangkan, daya tampung terkecil ada pada jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Jepang serta prodi Kewirausahaan masing-masing 28 kursi.
 
Sementara itu, Rektor UB, Nuhfil Hanani menyarankan, calon mahasiswa baru agar pintar mencari celah persaingan antar prodi. Sebab menurutnya untuk mencari standar nilai per prodi saat ini cukup sulit.
 
”Tinggal lihat mana yang ketat, ya itu berarti bisa disasar nilai tinggi. Kalau rendah, coba cari jurusan yang tidak ketat. Tapi di UB, hampir semua ketat,” tuturnya.
 
Baca:Skema Baru SBMPTN Tekan Tingkat Kegagalan Menembus PTN
 
Sebagai informasi, pendaftaran SBMPTN 2019 dibuka sejak kemarin, Senin, 10 Juni 2019 mulai pukul 13.00 WIB. Pendaftaran dibuka selama kurang lebih dua minggu hingga 24 Juni 2019 mendatang.
 
SBMPTN ini merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru menggunakan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN dan dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif