Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

4 Contoh Surat Lamaran Kerja & Tips Membuatnya

Medcom • 08 April 2022 13:08
Jakarta:  Saat mendaftar kerja di sebuah perusahaan, Sobat Medcom pasti diminta melampirkan sejumlah berkas. Salah satunya, surat lamaran kerja.
 
Dokumen yang juga disebut cover letter ini berisi perkenalan diri pelamar secara singkat. Lantaran sama-sama memuat perkenalan diri, tak sedikit yang menganggap surat lamaran sama dengan curriculum vitae (CV). Padahal, keduanya memiliki perbedaan, baik dari segi tujuan maupun struktur.
 
Dikutip dari laman angguru, surat lamaran kerja merupakan salah satu bentuk komunikasi antara dua orang dalam proses melamar pekerjaan. Ini berfungsi untuk memperkenalkan diri sebelum perekrut membaca lebih rinci informasi diri sang pelamar.
 
Baca juga: 5 Isi CV Curriculum Vitae Surat Lamaran Kerja yang Wajib Ditulis

Struktur surat lamaran kerja

Berbicara tentang struktur, surat lamaran kerja biasanya terdiri dari pembuka, perkenalan dan data diri singkat, maksud dan tujuan surat dibuat, daftar lampiran berkas, serta penutup.  Pelamar harus memperhatikan dengan benar data diri singkat yang dicantumkan dan posisi pekerjaan yang hendak dilamar.

Sebaiknya, data diri yang dituliskan mencakup nama, tempat dan tanggal lahir, alamat rumah, e-mail, dan nomor yang bisa dihubungi.  Sedangkan, data yang lebih rinci, seperti riwayat pendidikan atau pekerjaan, bisa dimuat dalam CV.
 
Baca juga: Simak Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar dan Efektif Agar Mudah Diterima Kerja

Tips menulis surat lamaran kerja yang baik

Untuk membuat surat lamaran kerja yang baik, memahami struktur saja belum cukup. Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar perekrut tertarik membaca dokumen yang Sobat Medcom kirimkan, mengingat jumlah pesaing bisa mencapai ratusan bahkan ribuan.

Lantas, apa sajakah itu? Berikut ulasannya:

1. Berikan kesan individual

Pastikan Sobat Medcom menulis nama perusahaan dengan benar dan sesuai tujuan. Jika ditujukan untuk seseorang di perusahaan tersebut, tulislah nama dan jabatannya secara spesifik. 

2. Singkat dan padat

Surat lamaran kerja sebaiknya ditulis secara singkat dan padat, tanpa bertele-tele. Selain itu, juga harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Hindari penggunaan kata yang sulit hanya untuk membuat perekrut terkesan dengan pilihan bahasa.

3. Jangan menulis lebih dari satu halaman

Surat lamaran kerja sebaiknya tidak lebih dari satu halaman. Sebab, perusahaan mungkin menerima belasan, puluhan, bahkan ratusan lamaran. Untuk itu, surat lamaran yang terlalu panjang tidak akan efektif.
 
 

4. Pastikan tidak ada typo

Pastikan surat lamaran kerja tertulis rapi dan bersih. Jangan sampai ada typo atau salah tik.

5. Impresif atau mengesankan

Deskripsikan diri dengan baik dan menarik, namun jangan terlalu arogan atau terlalu merendah. Melalui surat lamaran kerja, Sobat Medcom bisa ‘menjual’ diri agar perekrut tertarik.

6. Sebutkan pengalaman atau prestasi yang pernah diraih

Jelaskan secara singkat pengalaman atau prestasi yang pernah diraih agar perekrut tertarik. Jangan melebih-lebihkan atau mengada-ada, sebab tak sedikit perekrut mencari tahu kebenaran data dalam surat lamaran kerja.

7. Jangan kirim surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris

Jangan kirim surat lamarankerja dalam bahasa Inggris jika kemampuan kurang mumpuni.
Meski perekrut akan mempertimbangkan dan memberi poin tambahan, mengirim surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris tanpa kemampuan yang mumpuni justru akan membebani Sobat Medcom.
 
Baca juga: Apa itu ATS dan Tips Cara Membuat CV yang ATS Friendly
 

Contoh surat lamaran kerja

4 Contoh Surat Lamaran Kerja & Tips Membuatnya

Contoh surat lamaran kerja. Foto: Pexels.

Masih bingung dengan gambaran surat lamaran kerja yang baik? Simak beberapa contohnya berikut ini.

1. Contoh surat lamaran kerja fresh graduate

Kepada Yth. Bapak/Ibu Pimpinan HRD 
(Nama perusahaan) 
di tempat 
 
Dengan hormat, 
 
Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan dari (sumber informasi), dengan ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan sebagai (posisi yang dilamar) di (nama perusahaan). 
 
Saya pria, berusia 24 tahun, lulusan S1 Akuntansi, Universitas (nama kampus dan tahun lulus). Berikut data pribadi saya: 
 
nama : ..................... 
tempat, tanggal lahir : ........... 
pendidikan terakhir : ............ 
alamat : ................... 
 
Saat ini, saya dalam kondisi sehat jasmani maupun rohani. Saya juga aktif berorganisasi, memiliki kemampuan bahasa Inggris, baik aktif maupun pasif, dan bisa bekerja secara mandiri ataupun tim. 
 
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan dokumen berikut: 
  1. daftar riwayat hidup; 
  2. foto copy ijazah terakhir; 
  3. foto copy transkrip nilai; 
  4. sertifikat pelatihan; dan
  5. pas foto terbaru. 
Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. 
 
Hormat saya, 
(Nama pelamar)
 
 

2. Contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris

Attention to: Human Resources of  PT Maju Mundur Kena
 
Dear Sir/Madam,
 
I’ve read your job vacancy at AMX.com and found that your company is looking for a new employee to fill the Content Writer position. Therefore, I would like to apply myself for the interesting role.
 
My name is Andri Tani, and I’m 24 years old. I’m a recent graduate from Universitas Ternama, majoring in Communication Studies. My Specialization is journalism and I’m fond of research and writing. I also have the qualifications that were required by your company.
 
I’ve good motivation, I can work together with a new team, my communication skills are really good, and my English is excellent both written and spoken.
 
I’ve worked at two different companies that both dwell in the entertainment sector as Jr Content Writer. For 1 year, I’ve worked in FFG Media alongside many young aspiring writers, and also at WWBU where I was their headline writer for five months.
 
I am really confident that I’m a good match for this position. Herewith I enclose my documents:
  1. copy of bachelor degree certificate (S1);
  2. academic transcript;
  3. curriculum vitae (CV);
  4. recent photograph (size 4×6); and 
  5. recent writing portfolio
Thank you for your time and consideration. I wish that you would give me the chance for an interview so that I could showcase my abilities even further.
 
Sincerely,
 
Andri Tani

 
Baca juga:  Apa itu ATS dan Tips Cara Membuat CV yang ATS Friendly

3. Contoh surat lamaran kerja magang

Hal: Lamaran Kerja Magang, Jr Content Writer
 
Yth.  Bapak/Ibu Pimpinan PT Maju Mundur Kena di Tempat,
 
Sebelumnya, izinkan saya untuk memperkenalkan diri.
Nama         : ......
Tempat dan tanggal lahir: .....
Status         : mahasiswa
 
Jurusan dan universitas: S1 Ilmu Komunikasi, Universitas Ternama
 
Berdasarkan iklan lowongan kerja di media sosial XYZ, saya ingin mendaftarkan diri untuk posisi magang Jr Content Writer di PT Maju Mundur Kena.
 
Sebelumnya, saya pernah bekerja sebagai freelance writer di perusahaan media BBM selama enam bulan. Saat ini saya juga aktif menulis beberapa artikel dan konten di blog resmi BEM FISIP Universitas Ternama. Tentunya, kedua pengalaman ini sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.
 
Selain itu, saya pun tertarik dengan program master mentorship yang akan dipandu secara langsung oleh para penulis aktif di PT Maju Mundur Kena.
 
Saya yakin bahwa ilmu dan pengalaman yang sudah saya miliki dapat membentuk saya sebagai seorang Content Writer yang handal.
 
Sebagai bahan pertimbangan, berikut adalah beberapa dokumen yang diajukan dalam iklan lowongan:
  1. CV;
  2. portofolio penulisan;
  3. foto copy kartu tanda mahasiswa (KTM);
  4. surat izin magang dari kampus; dan
  5. surat referensi dari media BBM.
Demikian surat lamaran kerja magang yang saya buat. Semoga Bapak/Ibu dapat mempertimbangkan saya sebagai pegawai magang Jr Content Writer baru di PT Maju Mundur Kena. 
 
Saya ucapkan terima kasih.
 
Hormat saya,
 
nama

4. Contoh surat lamaran kerja di perusahaan

Yth. Manager Personalia
 
PT Maju Mundur Kena, Jakarta Selatan
 
Dengan hormat,
 
Sesuai dengan iklan lowongan pekerjaan dari media sosial XYZ dan situs web GGS, saya bermaksud  mengajukan diri untuk bergabung ke dalam departemen marketing sebagai Content Writer di PT Maju Mundur Kena. Adapun data diri saya sebagai berikut.
 
Nama : .....
Tempat, tanggal lahir : ........
Umur    : ......
Pendidikan terakhir   : Universitas Ternama (S1)
Telepon    : 0811666xxx
E-mail   : andritani@namaemail.com
 
Saya dalam kondisi sehat jasmani dan rohani. Selain itu, saya juga lancar berbahasa Inggris, baik secara lisan maupun tulis. Predikat lulusan pada ilmu yang saya pelajari sangat memuaskan, terlebih dalam bidang content writing yang sangat mumpuni.
 
Saya terbiasa bekerja dengan target dan telah memiliki pengalaman kerja selama dua tahun sebagai Content Writer di PT. Sejahtera.
 
Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan :
  1. curriculum vitae (CV) terbaru; 
  2. foto copy ijazah S1;
  3. foto copy transkrip nilai;
  4. foto copy sertifikat kursus/pelatihan;
  5. pas foto terbaru;
  6. portofolio penulisan; dan 
  7. sertifikat penghargaan.
Saya harap surat lamaran berikut lampiran berkas-berkas tersebut dapat memudahkan dan memberikan ruang  bagi saya untuk diterima ke tahap seleksi berikutnya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih. 
 
Salam hangat,
 
nama

 
Demikianlah pembahasan mengenai surat lamaran kerja beserta contohnya. Semoga bermanfaat, ya! (Nurisma Rahmatika)
 
Baca juga: 7 Tips Presentasi yang Baik dan Menarik
 

Cek berita medcom.id terbaru dan menarik lainnya di Google News
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(CEU)
Read All




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan