Tanaman Begonia. Foto: BRIN.
Tanaman Begonia. Foto: BRIN.

Peneliti BRIN Temukan 6 Begonia Jenis Baru di Sumatra

Arga sumantri • 20 Januari 2022 07:04

Begonia hijauvenea, memiliki corak warna daun yang menarik, kecoklatan dengan peruratan daunnya yang hijau. Nama hijauvenea diambil dari warna urat-urat daun yang berwarna hijau, baik urat daun primer maupun sekunder.
 
Daun berbentuk bulat telur dengan pangkal daun tumpang tindih. Pinggir daun berlobus dalam dibagian atas daunnya. Tangkai daun berbulu putih panjang. 
 
Bunga jantan memiliki empat tenda bunga, dua buah lebih besar berwarna kemerahan dibagian luarnya. Bunga betina belum bisa diidentifikasi karena belum keluar, sedangkan buahnya bersayap tiga berwarna hijau kemerahan. Jenis ini hanya ditemukan di Sumatra dan merupakan salah satu jenis endemik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Begonia perunggufolia merupakan jenis Begonia yang memiliki warna daun seperti warna perunggu dengan urat daun hijau kekuningan. Nama jenis ini diambil dari warna daun yang seperti perunggu.
 
Baca: Restrukturisasi Lembaga Riset, Pakar: Optimalisasi Fungsi Peneliti Jauh Lebih Penting
 
Bunga jantan bertenda bunga sebanyak 4 buah dan bunga betina bertenda bunga sebanyak 3 buah. Warna bunga jantan dan betina putih tidak berbulu. Buah bersayap tiga, berwarna hijau muda dengan tangkai buah kemerahan. Jenis ini merupakan jenis endemik Sumatra dan berpotensi dikembangkan sebagai tanaman hias.
 
Terakhir, Begonia mursalaensis adalah salah satu jenis Begonia yang dikoleksi dari pulau Mursala pada sebuah ekspedisi yang dilakukan oleh Kebun Raya Bogor. Jenis ini mirip dengan jenis di daratan Sumatra tetapi memiliki ciri khas pada tangkai daun bagian atas dengan bulu-bulu merah yang tegak dan kaku. 
 
Bunga jantan bertepal empat, dua di antaranya lebih besar dan berwarna kemerahan di bagian ujungnya. Bunga betina bertenda bunga tiga buah, salah satunya lebih kecil. Buah hijau bersayap tiga, berwarna hijau keputihan sampai hijau muda. Jenis ini merupakan jenis endemik dari pulau Mursala, Sumatra.
 
(AGA)
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif