Prof Dr Ihyaul Ulum menyampaikan pidato ilmiah pengukuhannya sebagai guru besar bidang Akuntansi. Foto: Antara
Prof Dr Ihyaul Ulum menyampaikan pidato ilmiah pengukuhannya sebagai guru besar bidang Akuntansi. Foto: Antara

Cegah Covid-19, Pengukuhan Guru Besar UMM Digelar Outdoor

Pendidikan Pendidikan Tinggi Guru Besar
Antara • 17 September 2020 20:53
Malang: Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengukuhkan guru besarnya secara outdoor. Kebijakan ini diambil akibat pandemi virus korona (covid-19).
 
Guru besar yang dikukuhkan yakni Prof. Dr. Ihyaul Ulum. Pengukuhan Ulum sebagai guru besar bidang akuntansi ini digelar di tengah jembatan menuju gedung kuliah bersama (GKB) I kampus setempat, Kamis, 17 September 2020. Tujuannya, agar sirkulasi udara lebih baik.
 
Jumlah tamu undangan juga sangat terbatas, yakni hanya 50 orang. Jumlah tersebut sudah termasuk keluarga dan senat UMM, serta menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam pidato ilmiah pengukuhannya, Ulum mengemukakan saat ini banyak usaha yang tidak memiliki aset berwujud atau bermodalkan intelektual (intellectual capital). Era saat ini, kata dia, perusahaan taksi terbesar justru tak memiliki armada. Begitu pula perusahaan ritel terbesar yang tidak memiliki satu pun toko atau gudang.
 
"Mereka inilah yang disebut startup," kata Ulum melansir Antara, Kamis, 17 September 2020.
 
Ia menekankan, startup bukan usaha kecil. Ini adalah usaha jenis terbaru dan baru dimulai. Ia mencontohkan, pada akhir 2019, valuasi aset startup bidang ojek daring, Gojek, mencapai USD10 miliar atau setara Rp142 triliun. Angka ini berarti 14 kali lipat dari valuasi aset Garuda Indonesia yang sebanyak Rp 11,07 triliun.
 
 
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif