Ilustrasi.  Foto:  Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan

DPR Sesalkan Tak Diajak Bicara Soal Perubahan Dana BOS

Pendidikan Anggaran Pendidikan Dana Bos
Ilham Pratama Putra • 11 Februari 2020 18:14
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menerbitkan episode terbaru dari kebijakan 'Merdeka Belajar'. Kemendikbud mengeluarkan pokok-pokok kebijakan baru tentang dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2020.
 
Dalam mengambil kebijakan tersebut Nadiem disebut tidak melibatkan DPR, dalam hal ini Komisi X yang membawahi bidang pendidikan. "Apakah seluruh pemangku kepentingan sudah diajak bicara (mengenai aturan baru dana BOS)? kalau ditanya DPR sudah? belum pernah," kata anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah kepada Medcom.id, Selasa, 11 Februari 2020.
 
Politisi dari Fraksi Partai Golkar itu menyayangkan, jika perdebatan hanya terjadi ketika rapat di komisinya. Seharunya Nadiem bisa melakukan konsultasi sejak awal dengan Komisi X.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau ngomong-nya pas rapat itu bukan bicara. Ketika rapat itu udah saling ngundang secara formal, dan kalau rapat itu sifatnya kan menggali, dan investigasi," jelas dia.
 
Dia juga menyesalkan, sebab ada posisi penting DPR dalam alokasi dana BOS. Menurut Ferdiansyah, DPR juga bertanggung jawab melakukan pengawasan hingga sidak ke sekolah yang menerima BOS maupun penggunaan APBN.
 
"Dalam rangka pengwasan. Itu kunci masuknya harus dipahami, jadi setiap lembaga atau perorangan yang menerima APBN, DPR melakukan pengawasan, dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bisa memeriksa setiap rupiahnya," pungkasnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif